Beda Ruang Beda Keramiknya

Jumat, 17 Jul 2015 | Penulis: Ririh

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Selain fungsi dekoratif pada dinding, keramik juga bisa difungsikan sebagai pembeda atau penegas ruang. Caranya, kalau selama ini kita memilih lantai keramik dengan motif dan warna-warna aman dan serupa untuk semua ruang, kali ini kita bisa mencoba bermain motif dan warna berbeda untuk setiap ruang. Misalnya, keramik dengan motif batu alam dengan warna terang di ruang keluarga atau ruang tamu untuk menciptakan kesan lapang, motif dan warna kayu (parket) yang hangat di kamar tidur, serta motif dan warna yang lebih meriah di area dapur dan ruang makan.

Menurut Edy Suyanto, Chief Operating Officer PT Arwana Citramulia Tbk, produsen keramik Arwana, perilaku konsumen dalam memilih keramik memang masih konservatif, belum berani bermain motif dan warna. Kalaupun ada aplikasi motif dan warna berbeda, terbatas sebagai aksen. Padahal, pilihan motif, warna, dan tekstur keramik makin beragam. Terlebih setelah adanya teknologi digital yang memungkinkan gambar dan motif apapun dicetak di permukaan keramik. Ruang di dalam dan luar rumah pun bisa tampil lebih atraktif. Berikut beberapa contoh aplikasi keramik berbeda untuk berbagai ruang yang mungkin bisa menjadi inspirasi anda.

Beda Ruang Beda Keramiknya

Kamar tidur. Lantai ruang privat seperti kamar tidur bisa dilapisi keramik dengan motif kayu yang hangat. Warnanya bisa hitam atau coklat terakota selaras dengan tema ruang secara keseluruhan.

beda ruang beda keramik ruang tamu

Ruang tamu. Ruang menerima tamu yang berkesan formal dilunakkan dengan aplikasi lantai keramik dengan motif dan warna tegel jadul yang ramai. Sementara aplikasi keramik lantai warna coklat muda mirip kayu di ruang serupa memberi kesan hangat dan nyaman.

Kamar anak. Tema kamar anak bergaya vintage bisa didukung aplikasi keramik dengan motif dan warna kombinasi terakota dan krem.

Beda Ruang Beda Keramiknya (2)

Ruang makan dan dapur. Minibar atau ruang makan di rumah modern yang menyatu dengan dapur tidak harus tampil konvensional, tapi bisa juga lebih bergaya namun tetap hangat.

Beda Ruang Beda Keramiknya (3)

Ruang luar. Untuk ruang luar seperti teras aplikasi keramik mozaik dari TerraFigura ini bisa menjadi pilihan. Keramik ditawarkan dalam aneka pola susunan batu alam seperti puzzle. Alternatif lain adalah keramik anti slip konvensional dengan motif dan warna hitam putih.

Beda Ruang Beda Keramiknya (5)
Beda Ruang Beda Keramiknya (4)

Tangga. Motif dan warna keramik pelapis tangga sebaiknya berwarna agak terang tapi tidak terang sekali apalagi gelap, supaya mudah dilihat dan tidak membuat orang tergelincir. Kalaupun harus keramik berwarna gelap atau terang sekali, garis di bagian ujung anak tangga diberi sign dengan warna menyolok supaya orang aman menapaki tangga.

Kamar mandi. Lantai kamar mandi tidak harus polos atau sekedar perpaduan warna dan motif berbeda, tapi bisa juga keramik dengan motif dan warna yang ramai. Bahkan, di rumah ini keramik dengan motif dan warna meriah itu diaplikasikan sampai ke dinding area shower. Boleh juga lantai dan dinding kamar mandi dilapisi keramik dengan warna dan motif ceria yang disukai anak-anak seperti ini.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan