Rumah Hijau dengan Roof Garden

Senin, 20 Jul 2015 |

Konsultasi Desain

Housing-Estate.com, Jakarta - Saya memiliki tanah seluas 299 m2 (13 x 23 m) di daerah Petukangan, Jakarta Selatan. Saya berencana membangun rumah di atas lahan tersebut. Ruangan yang saya butuhkan adalah ruang tamu, ruang kerja, ruang makan, ruang keluarga, dapur kotor dan pantry (dapur kering), 1 kamar utama (master bedroom) dengan kamar mandi di dalam, musala dan kamar tidur pembantu. Kalau bisa saya ingin semua ruangan tersebut tertampung di lantai satu lengkap dengan taman. Untuk lantai dua saya menginginkan sebuah ruang terbuka untuk ruang kumpul-kumpul keluarga dan sebuah roof garden. Saya sangat menginginkan konsep rumah yang asri dan hijau di rumah saya. Karena lebar jalan di muka lahan relatif sempit, saya berharap pekarangan depan saya bisa menampung mobil hingga maksimal 4 unit. Saya ingin rumah saya sejuk dan benar-benar terasa asri. Saya harap Ibu berkenan memberikan gambaran desain untuk saya.

M Suryadi, Jakarta

Solusi Desain

Salam hangat kami sampaikan untuk Pak Suryadi sekeluarga. Lahan yang Bapak miliki cukup luas dan potensial untuk ditata menjadi hunian yang asri dan nyaman. Kami berikan rancangan yang dapat mewadahi seluruh kebutuhan ruang untuk keluarga secara optimal dan pengolahan lansekap sebagai elemen pendukung lingkungan hunian. Secara keseluruhan luasan lantai satu dan dua adalah 249 m2 dengan roof garden (taman atap) seluas 60m2.

rumah hijau dengan roof garden - majalah pt (2)

Konsep hijau dapat diwujudkan dengan mengolah unsur alam yang ada seperti angin, air dan tanaman. Unsur-unsur tersebut dapat membantu proses pembentukan iklim mikro di ruang terbuka sehingga bermanfaat bagi penghuni. Hunian yang bersahabat dengan alam tentunya akan terus menyediakan ruang yang bermanfaat bagi keluarga.

Kami ingin mengedepankan pentingnya pengolahan lahan untuk taman pada hunian. Taman dengan resapan yang baik akan sangat membantu lingkungan hunian dalam mengontrol kelebihan air hujan. Air hujan yang jatuh ke roof garden dibiarkan mengalir ke lantai hijau dan planter (pot tanaman) untuk diteruskan ke ruang terbuka di area bawah, yaitu sumur resapan.

Adanya pepohonan akan memproduksi udara sehat dan segar bagi sirkulasi udara yang keluar masuk hunian. Secara visual ruang luar yang tertata juga memberi efek menyejukkan dan suasana segar dalam beraktivitas. Tampak dan detail bangunan kami tampilkan dalam suasana modern yang sesuai dengan iklim tropis. Penggunaan batu alam pada fasade untuk menghadirkan karakter yang khas dan natural. Warna yang dipilih sederhana dalam nuansa putih dan abu-abu yang dipadu dengan warna alami kusen untuk menampilkan aura resik dan sederhana.

Lantai bawah

Dari perspektif bangunan dapat terlihat area depan rumah menjadi lahan untuk parkir kendaraan. Lantainya dibuat dari material konblok. Sebuah teras mungil ditempatkan di area luar sebagai ruang penyambut tamu dan letak pintu masuk utama. Pengolahan lansekap di lantai bawah dihadirkan dengan permainan jalur-jalur dari batu hampar yang menghubungkan antara taman samping depan dan teras belakang.

Ruang tamu tampak bermandikan cahaya matahari karena dibatasi oleh jendela-jendela besar sepanjang dindingnya. Musala kami letakkan di sisi area tangga. Di seberangnya terdapat ruang kerja yang bersisian dengan toilet. Area servis berada di antara ruang makan dan tangga. Area itu memiliki akses pintu ke taman samping dan ke ruang makan.

Di bagian tengah terdapat ruang keluarga yang cukup luas dengan view taman kering. Kamar tidur utama terletak di bagian belakang lengkap dengan kamar mandi. Dari kamar tidur utama terdapat akses fisik dan visual ke teras dan taman belakang yang dilengkapi gazebo. Air terjun minimalis menghiasi sudut taman disisi gazebo.

Ruang makan juga terasa istimewa karena memiliki pantry dan view ke arah taman belakang. Sebuah area duduk juga disediakan dari bangku kayu panjang yang ditanam ke dinding di area taman belakang. Pada saat acara keluarga area ruang makan dapat diperluas ke arah taman untuk menampung lebih banyak orang.

rumah hijau dengan roof garden - majalah pt

Lantai atas

Lantai dua dapat dioptimalkan sebagai area baca dan ruang santai. Kami hadirkan ruang duduk dan area roof garden yang dapat difungsikan sebagai tempat berkumpul luar ruang (outdoor) bagi keluarga. Sebuah kolam ikan menjadi oase yang menarik pada roof garden. Kolam air juga ditujukan sebagai alat perubah iklim mikro pada area roof garden yang cenderung lebih cepat panas.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan