Rumah Dikelilingi Taman Terbuka

Selasa, 21 Jul 2015 |

Konsultasi

Housing-Estate.com, Jakarta - Saya memiliki lahan dengan luasan 14 x 22 m2. Saya berkeinginan membangun rumah dengan maksimal luas bangunan 250 m2. Di dalamnya saya perlu sebuah kamar tamu selain dua kamar tidur anak dan satu kamar utama. Kami sekeluarga senang banyak halaman terbuka dengan rumput yang bisa dinikmati dari dalam rumah. Saya dan suami juga hobi fotografi sehingga ingin ada tempat untuk meletakkan karya kami berdua. Desain arsitektur rumah yang kami suka adalah yang tampak bersih, banyak cahaya dan mempunyai ciri khas yang unik. Demikian, semoga dapat diberikan solusi, terima kasih. Ruri, Jakarta

Solusi Desain

Terimakasih Ibu Ruri atas kepercayaannya kepada kami sebagai pengasuh rubrik ini. Untuk memenuhi kebutuhan ruang yang Ibu sebutkan dengan luas tanah yang tersedia, kami membuatkan desain hunian dua lantai seluas 235 m2. Tak lupa kami membuatkan ruang terbuka berupa taman di sekeliling bangunan agar setiap hari dapat dinikmati bersama sekeluarga.

Fasad

Rumah Dikelilingi Taman Terbuka (2)

Bentuk masa bangunan dibuat sederhana, namun tetap terlihat menarik dengan paduan detail. Kami buatkan dinding masif pada area tangga di dalam untuk meletakkan foto-foto hasil karya ibu dan suami. Di bagian luar tangga dinding masif tersebut diberi lapisan material bercorak kayu terbuat dari bahan dasar semen yang lebih tahan terhadap cuaca. Material alumunium pada kusen jendela juga kami pilihkan yang berlapisan corak (urat) kayu agar tampak selaras. Batu paras putih dengan warna lebih terang kami jadikan sebagai tekstur dinding pemisah ke arah taman bagian dalam. Pagar pada carport pun tak luput dari detail kayu yang tampil dalam susunan dinamis dengan batang-batang besi vertikal.

Lantai satu

Rumah Dikelilingi Taman Terbuka

Carport dirancang memadai untuk dua mobil dengan atap dari pergola kayu bernuansa warna natural. Ruang tamu berada di bagian depan dan letaknya agak terpisah dari ruang keluarga. Kamar tidur tamu terletak bersisian dengan ruang tamu dilengkapi toilet yang lokasinya di bawah tangga. Ruang keluarga dan ruang makan terletak berdekatan tanpa adanya dinding pemisah. Taman terbuka di sekeliling rumah dapat dinikmati dari area tengah dengan leluasa karena kami letakkan pembatas dinding berupa pintu lipat kaca yang dapat dibuka optimal.

Area taman juga dapat dijadikan perluasan area tengah ketika diperlukan karena pembatas yang fleksibel. Fungsi lain tentunya untuk memaksimalkan cahaya alami masuk ke dalam rumah. Dapur, gudang, kamar tidur area servis dan toilet berada di sisi samping. Pada sisi hunian paling belakang ditempatkan area jemur yang lokasinya dibatasi dinding rooster beton.

Lantai dua khusus untuk kamar tidur anggota keluarga. Ada dua kamar anak dengan toilet terpisah terletak di sisi belakang. Keduanya memiliki akses masing-masing ke balkon. Material pembatas kamar didominasi bukaan berupa paduan kaca mati dan pintu kaca floor-to-ceilling, semua dengan kusen alumunium bertekstur kayu. Di sisi luar kami buatkan susunan kayu sebagai aksen yang juga berfungsi sebagai penyaring cahaya matahari agar intensitasnya tetap pada tingkat nyaman ketika masuk ke dalam bangunan. Kamar tidur utama memiliki walk in closet dan toilet pribadi yang luas. Material lantai pada setiap kamar memakai bahan parket kayu agar ruang berkesan lebih mewah dan hangat.

Jika pembaca ingin berkonsultasi mengenai rancang bangun rumah tinggal, silakan kirimkan pertanyaan ke redaksi majalah HousingEstate dilengkapi denah (kalau ada) melalui email ke redaksi@housing-estate.com atau surat ke alamat Jl. Haji Muhi Raya No. 38 Pondok Pinang – Jakarta 12310. Jangan lupa cantumkan kata “rancang bangun” pada judul email atau sudut kiri atas amplop surat.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan