Rumah Praktis Pasangan Muda

Rabu, 22 Jul 2015 |

Konsultasi

Housing-Estate.com, Jakarta - Proyek rumah tinggal milik pasangan Yudha (30) dan Vivi (29) ini baru dirampungkan sekitar dua bulan lalu. Proses desain dan pembangunan rumah dimulai sejak Februari 2013. Yudha membeli lahan seluas 177 m2 di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan (Banten), ini sejak awal 2013. Proses pencarian tanah didapatnya dari sebuah situs jual-beli properti, begitu pula pilihan merekrut Triplus sebagai konsultan dan kontraktor, berdasarkan informasi di internet. Posisi kaveling lahan (eksisting) yang berada dalam komplek perumahan ini lebih tinggi dari rumah di sekitarnya. Tinggi lahan dari jalanan komplek sekitar 1,6 m.

Yudha dan istri memimpikan rumah yang praktis dan simpel karena keduanya bekerja setiap hari. Rancangan rumah yang terang dan terbuka dengan empat kamar tidur. Sebuah ruang keluarga yang besar dan terhubung dengan ruang makan dan dapur karena kebiasaan keluarganya menerima tamu dan menjamu makan. Kamar tidur utama ingin dirancang seperti kamar hotel yang dilengkapi dengan area berpakaian dan kamar mandi di dalam serta meja kerja. Rumah ingin ditata simpel dengan taman dalam dan area barbeque di lantai atas.

Solusi Desain

Rumah pertama bagi pasangan muda dengan sepasang anak kembar ini kami rancang dengan layout ruang yang mengutamakan kepraktisan. Luas lahan 11×16 m2 dimanfaatkan untuk bangunan dua lantai seluas 188 m2.

rumah praktis pasangan muda 3

Fasad rumah ditampilkan dengan warna putih netral dan garis-garis yang bersih (clean look). Aksentuasi batu alam dihadirkan di bagian dinding lantai atas berupa lapisan granit travertine berwarna kuning kecokelatan yang memberikan kesan elegan. Tiang-tiang vertikal langsing yang membentuk kisi-kisi di sisi jendela lantai atas juga diberi finishing cat bermotif batu alam berwarna abu-abu hitam.

Aksen batu kali juga dihadirkan melapisi dinding di area carport dan pagar muka rumah. Elemen balok yang menopang atap carport diteruskan hingga ke taman depan. Tampilan balok itu dilapisi cat motif batu alam berwarna abu-abu kehitaman serupa kisi-kisi bagian atas.

Untuk memenuhi tercapainya sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang maksimal di lantai bawah, dibuatkan taman dalam (inner courtyard) seluas 3,5×7 m2. Pewarnaan dinding interior didominasi warna putih terang untuk mengangkat kesan rumah bertambah lapang dan lega.

Lantai Dasar

Lantai dasar hanya difungsikan untuk carport yang memuat dua mobil. Kontur lahan sebagian diratakan (cut) agar sejajar dengan level jalan. Dari carport dibuatkan pintu masuk langsung menuju area servis di lantai satu. Dari carport juga menyusuri tangga di bagian depan kita menuju pintu masuk utama rumah yang ditempatkan di sisi samping.

Lantai Satu

Teras di muka pintu masuk diberi lantai keramik bermotif kayu terletak berdampingan dengan taman rumput serta tambahan kolam ikan kecil yang memberi kesejukan dan kesan asri.

rumah praktis pasangan muda 2

Ruang tamu dirancang kecil dan menyambung dengan teras depan ketika pintu rumah dibuka. Kesan yang lapang dengan pemandangan ke ruang luar yang luas didapat dari area ini.

Ruang makan berdampingan dengan ruang tamu disatukan tanpa sekat sehingga terkesan lega.

Ruang keluarga, pantry dan ruang makan dirancang terbuka ke arah taman belakang sebagai sumber cahaya alami dan ventilasi udara. Area tengah rumah cukup terang di siang hari hingga sore tanpa perlu menyalakan lampu.

Kamar mandi untuk tamu memanfaatkan ruang di bawah tangga dan kamar tidur utama berada di sebelah ruang keluarga. Di sebelah tangga terdapat pintu menuju area servis yang berisi satu kamar tidur pembantu dan dapur kotor.

Lantai Dua

Lantai atas difungsikan untuk menempatkan kamar tidur dan disediakan balkon luas untuk duduk-duduk di bagian belakang yang memiliki pandangan menyambung ke taman di bawahnya.

rumah praktis pasangan muda

Kamar tidur utama dilengkapi kamar mandi dalam dan walk in closet. Khusus lantai kamar tidur utama dilapisi parket untuk memberi nuansa hangat. Di pojok area tempat tidur ditempatkan meja kerja.

Dua kamar tidur anak ditempatkan mengapit kamar tidur utama dengan satu kamar mandi terpisah di luar.

Jika pembaca ingin berkonsultasi mengenai rancang bangun rumah tinggal, silakan kirimkan pertanyaan ke redaksi majalah HousingEstate dilengkapi denah (kalau ada) melalui email ke redaksi@housing-estate.com atau surat ke alamat Jl. Haji Muhi Raya No. 38 Pondok Pinang – Jakarta 12310. Jangan lupa cantumkan kata “rancang bangun” pada judul email atau sudut kiri atas amplop surat.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan