Rumah Empat Kamar di Lahan Sudut

Minggu, 16 Agu 2015 |

Konsultasi

Housing-Estate.com, Jakarta - Triplus kali ini menyajikan proyek yang baru selesai dibangun pertengahan Agustus lalu untuk keluarga bapak Iqbal dan ibu Hanung di Tangerang Selatan (Banten). Rencananya rumah siap ditempati awal September ini. Lahannya berukuran 15 x 15 m2 di kaveling sudut, bersinggungan dengan dua jalur jalan lingkungan perumahan di sisi timur dan selatan. Pemilik menginginkan rumah dua lantai yang berkesan lapang dengan luasan maksimal 200 m2. Kebutuhan ruang di dalamnya: garasi, lahan parkir untuk mobil dan motor, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur bersih dan dapur kotor, kamar tidur utama dengan kamar mandi di dalam, kamar orang tua di lantai bawah, dan dua kamar anak. Kebutuhan di area servis: gudang, kamar tidur pembantu dan kamar mandinya.

Solusi Desain

Untuk rumah di perkotaan dengan lahan tidak terlalu besar kami mengutamakan desain rumah yang terang, sejuk, dan mudah dirawat. Keuntungan lahan sudut seperti ini, bangunan dapat dirancang memiliki area bebas yang tidak terhimpit bangunan tetangga di dua sisi. Ruang terbuka yang mengelilingi rumah dapat memaksimalkan asupan angin untuk menyejukkan rumah dan sinar matahari untuk menerangi secara alami. Rumah didesain dengan luas total 198 m2.

Rumah Empat Kamar di Lahan Sudut 3

Fasad

Fasad dirancang simpel dengan pemakaian material yang tidak perlu perawatan intensif. Tampak menonjol dinding aksen di bagian atas memakai lapisan keramik motif batu alam berwarna gradasi cokelat terakota. Tampilannya sangat alami dengan tekstur seperti batu asli, tapi perawatannya mudah seperti keramik biasa yang tahan perubahan cuaca. Di sebelahnya terdapat susunan bata kerawangan berpola kotak sederhana sebagai dinding penutup area jemur di lantai atas.

Seluruh bagian dinding di lantai atas diberi bingkai beton tipis yang berfungsi sebagai kanopi untuk melindungi bagian jendela dari tampias hujan dan panas matahari. Kanopi beton yang dibuat menjorok keluar juga memberi perlindungan ekstra terhadap cucuran air hujan dari atap. Desain atap perisai dengan genting logam ringan berwarna hitam dirancang tanpa talang air agar tampilan rumah terlihat rapi. Sementara di bagian bawah rumah, kanopi beton dibuat lebih melebar untuk menaungi teras, dan menyambung ke samping untuk melindungi jendela di bagian dinding samping.

Rumah Empat Kamar di Lahan Sudut

Lantai satu

Pintu masuk utama ditempatkan di sisi timur berhadapan dengan jalan utama lingkungan perumahan. Pagar rumah dari susunan besi vertikal di sisi timur dirancang dengan pintu kecil untuk jalur sirkulasi orang. Jalur dari paving block untuk sepeda dan motor juga diarahkan melalui pintu tersebut. Setelah melewati teras yang cukup lapang, kita akan bertemu area ruang tamu dan tangga menuju lantai atas. Area di bawah tangga dimanfaatkan untuk kamar mandi.

Di sebelah ruang tamu berbatasan dengan dinding masif ditempatkan ruang makan dan dapur bersih. Sedangkan dapur kotor berada di luar dipisahkan dengan dinding berjendela kaca dan pintu untuk memudahkan akses dari dapur bersih. Area dekat dapur basah dipersiapkan untuk menyimpan sepeda dan motor.

Area tengah bangunan diisi ruang keluarga dengan pandangan ke arah taman dalam. Keberadaan taman di dalam berfungsi mengoptimalkan pencahayaan dan penghawaan alami di rumah, disamping untuk tempat bermain anak. Di sisi taman ditempatkan kamar tidur untuk orang tua yang menginap seluas hampir 4 x 4 m2. Sementara sisi selatan menjadi pintu masuk kendaraan roda empat. Terdapat carport dengan atap dari bidang beton yang menyambung dengan garasi satu mobil. Dari garasi ada pintu sebagai akses langsung ke area tengah rumah.

Rumah Empat Kamar di Lahan Sudut 2

Lantai dua

Di lantai ini ditempatkan dua kamar anak dan kamar tidur utama serta area servis. Semua kamar terhubung dengan ruang luar sehingga mendapatkan cahaya alami secara maksimal. Kamar tidur anak berada di dua sisi fasad: timur dan selatan. Kamar tidur di sisi timur memiliki jendela kaca menyudut yang meluaskan pandangan dan masuknya sinar matahari. Kamar tidur utama diletakkan agak ke belakang dengan view ke arah taman di bawah. Termasuk kamar tidur asisten rumah tangga memiliki jendela ke ruang luar. Kamar berada di area servis yang berdampingan dengan area jemur dan kamar mandi. Area jemur dirancang semi tertutup dengan dinding pembatas kerawangan kotak-kotak yang terlihat dari salah satu sisi fasad. Area tengah di antara kamar-kamar tidur dapat dimanfaatkan untuk ruang menonton TV atau ruang baca.

Tips

  1. Penggunaan bahan bangunan baru seperti baja ringan untuk rangka atap, genting dari logam ringan, kusen jendela dari alumunium, dan keramik untuk pelapis dinding fasad, dapat dicoba sebagai alternatif.
  2. Pemakaian material alternatif bisa memangkas waktu pemasangan dibanding material konvensional. Misalnya, substitusi rangka atap dari baja ringan lebih cepat pengerjaannya dibanding rangka atap kayu yang kini sulit didapat dan pemasangannya lebih lama.
  3. Material alternatif juga memudahkan perawatan dalam jangka panjang, seperti kusen alumunium yang bebas rayap dan tahan cuaca untuk aplikasi outdoor.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan