Rumah Dua Atap Dan Kolam Konservasi Air

Sabtu, 22 Agu 2015 |

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Konsultasi

Housing-Estate.com, Jakarta - Sukses dan semangat bagi tim rubrik Rancang Bangun dan HousingEstate. Saya memiliki sebidang tanah dengan lebar 10 m dan panjang 12,5 m untuk dibuat hunian dua lantai dengan bentuk yang unik bertema modern. Saya ingin rumah saya menggunakan batu di bagian depannya. Saya memerlukan ruang tidur tamu di lantai dasar, sebuah kamar tidur utama dan satu kamar tidur anak serta area untuk ruangan asisten rumah tangga. Saya ingin memiliki balkon dan halaman mungil di depan rumah serta pintu samping selain pintu utama. Saya juga memerlukan ruang tamu yang tersendiri karena kami sering menerima tamu namun tidak ingin kegiatan di dalam terganggu. Demikian gambaran singkat saya, mohon juga solusi agar rumah saya bisa terasa luas, terimakasih. Aulia, Bintaro – Tangerang Selatan

Solusi Desain

Salam semangat dan sukses pula bagi Bapak sekeluarga. Sesuai keterangan kondisi lahan dan spesifikasi kebutuhan ruang yang diceritakan, kami mengusulkan beberapa solusi desain baik dalam denah maupun pada rancangan bentuk yang akan menambah rasa luas pada hunian.

Fasad

rumah dua atap 2

Permainan material finishing berupa cat pada dinding polos dan material batuan serta aksen tekstur kayu menjadi karakter fasad rumah tampil unik seperti yang diinginkan. Massa bangunan kami rancang terbagi dua supaya dimensi bangunan tidak berkesan terlalu besar (gemuk) dan berat. Atap yang lebih tinggi diletakkan pada area kamar tidur utama dan anak. Langit-langit rumah dapat dibuat lebih tinggi agar kesan luas lebih terasa. Di lantai dua bahkan dapat dibangun tanpa plafon mendatar, namun berupa plafon yang mengikuti kemiringan atap sehingga memperbesar volume ruang.

Lantai 1

Rumah Dua Atap Dan Kolam Konservasi Air

Parkir mobil (carport) dipagari susunan tembok yang tidak masif dengan variasi tanaman agar nampak lebih asri. Sebuah teras berlantai kayu mengantarkan tamu ke arah pintu masuk utama. Sementara pintu samping terletak di sebelah area ruang tamu. Ruang tamu dibatasi sebidang dinding kecil untuk memberi kesan lebih pribadi. Dari ruang tamu dibuat koridor terbuka dengan kisi-kisi jendela kaca mati yang berbaris vertikal menuju ruang keluarga dan ruang makan yang bebas tanpa sekat. Sebuah kamar tidur tamu dengan toilet luar terletak di sudut belakang, berseberangan dengan dapur. Sebuah halaman kecil di bagian belakang menjadi pusat pandangan yang asri dan dapat dinikmati dari hampir seluruh sudut rumah. Untuk fungsi penyimpanan kami menempatkan gudang dengan memanfaatkan ruang kolong tangga.

Lantai 2

Rumah Dua Atap Dan Kolam Konservasi Air

Kamar tidur utama dan kamar tidur anak terletak di satu sisi dan dihubungkan dengan kamar mandi luar. Kamar tidur area servis, toilet dan area cuci terletak pada satu area juga di lantai dua dengan akses tangga yang sama. Sedangkan area jemur terletak di sudut paling belakang yang dekat dengan akses tangga. Balkon didesain memanjang di bagian depan dan berlantai tekstur kayu serta railing kisi kayu vertikal. Untuk konservasi air kami juga menempatkan penampungan air hujan di sebelah balkon berupa kolam dangkal yang berada tepat di atas ruang tamu. Kolam air berfungsi untuk mendinginkan ruang di bawahnya dan airnya bisa digunakan untuk menyiram tanaman dan mencuci mobil. Kolam ini juga akan terhubung dengan sumur resapan yang kami letakkan di taman depan. |

Tips

  1. Desain atap yang tinggi menciptakan bagian plafon atau langit-langit yang luas dan dapat diolah lagi dengan sistem upceiling (dinaikkan) atau dropceiling (diturunkan) untuk menambah atmosfir menarik dalam interior rumah.
  2. Pemilihan dekorasi lampu dengan memanfaatkan upceiling/dropceiling juga dapat menambah kesan luas sebuah ruangan, sebagaimana memperbanyak lokasi cermin di sudut-sudut ruang yang sempit.
  3. Warna interior baik itu dari finishing cat maupun wallcover juga memainkan peranan dalam membentuk suasana ruang agar nyaman dan lega.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan