Agar Nyaman di Ruang Keluarga

Sabtu, 12 Sep 2015 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Ruang keluarga penting dibuat sebagai tempat ternyaman karena menjadi tempat aktivitas internal penghuni rumah. Suasana yang diciptakan harus rileks dan mampu meredakan emosi. “Di ruang tamu orang harus sopan, di ruang keluarga harus lebih santai,” kata Sakundria Satya Murti Wardhana, desainer interior dari Wardhana Design, Jakarta. Desainer lulusan Universitas Trisakti (Jakarta) itu membagikan beberapa tips praktis agar ruang keluarga di rumah Anda nyaman. Yuk, simak berikut ini!

Artikel_95_Tips_Agar Nyaman di Ruang Keluarga_2514078

Sebaiknya

  1. Memilih paduan warna-warna yang nyaman dan netral di ruang keluarga. Tambahkan aksen-aksen dramatis pada soft furnishing seperti sarung bantal kursi, taplak meja atau karpet. Bila warna pada sofa sudah tua, karpetnya sudah aktraktif, sebaiknnya dinding memakai warna krem atau broken white.
  2. Pencahayaan menggunakan sistem indirect atau tidak langsung. Sumber cahaya tersembunyi di balik plafon tapi tetap terang dan tidak silau. Tambahkan spotlight di dekat lukisan dinding supaya ada kesan lebih dramatis. Kesan dramatis akan membuat imajinasi orang berbeda-beda. Buatlah orang yang berada di ruang keluarga memiliki imajinasi yang menyenangkan
  3. Perabot di ruang keluarga mudah dirawat dan tahan lama karena akan sering dipakai. Misalnya, sofa berlapis kulit imitasi agar mudah dilap langsung bila terkena tumpahan air dan debu. Furnitur-furnitur dari bahan plastik yang kini berdesain menarik dapat ditambahkan karena lebih fleksibel dipindah-pindah.

Hindari

  1. Menempatkan terlalu banyak detail karena akan memecah konsentrasi, dari yang ingin suasana rileks menjadi tidak rileks.
  2. Membuat orang kikuk atau kaku, tapi ciptakan suasana yang santai. Tidak harus duduk manis di atas kursi, duduk di bawah dengan lantai beralas karpet juga sah-sah saja. Pilih desain furnitur yang membuat nyaman dan tidak terlalu resmi.
  3. Menempatkan sebuah produk elektronik yang menimbulkan kontradiksi sehingga membuat tampilan ruang jelek. Perhatikan jalur-jalur kabel dari produk elektronik yang mungkin merusak pandangan. Pikirkan pengaturan kotak stop kontak pada ruang keluarga agar rapi.

Perabot Wajib

  1. Sofa yang nyaman dengan jumlah dudukan triple, double, atau single. Sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran ruang. Gunakan sofa tipe klasik yang bergaya country atau sofa bergaya modern yang kasual. Cari warna-warna pabrik yang tidak terlalu menyolok tapi kalem seperti krem, hijau, kuning muda atau putih tulang. Tempatkan sofa berwarna terang hanya sebagai aksen. Boleh memakai motif bungabunga dengan pilihan warna lebih lembut.
  2. Meja wajib ada jika ruang memadai. Fungsinya untuk tempat menaruh makanan dan minuman sebagai teman saat mengobrol. Jika ruang sempit, meja bisa diganti dengan kursi ottoman atau poeff yang multifungsi, bisa untuk duduk atau menjadi meja. Meja sudut atau meja samping yang ramping juga bisa ditempatkan.
  3. Pesawat TV wajib mengisi ruang keluarga. Pilihlah meja atau kabinet tv yang sesuai dengan kondisi ruangan. Sesuaikan produk elektronik untuk mendukung keindahan ruangan. Cari bentuk TV yang slim tanpa tabung untuk ruang bernuansa modern dan ukuran terbatas.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan