Sulsel Bangun 5.000 Unit Rumah Murah

Selasa, 8 Des 2015 | Penulis: Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Pembangunan rumah bersubsidi di luar Jabodetabek semakin bergairah. Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) menyatakan kesiapannya untuk membangun ribuan unit murah pada tahun 2016. Ini menyusul anggota Realestat Indonesia (REI) Banten yang sudah berhasil melakukan penandatanganan akad kredit sebanyak 5.196 rumah pada akhir November 2015.

pembangunan rumah subsidi

Ilustrasi

“Mulai Januari 2016 Pemprov Sulsel menyatakan kesiapannya untuk melakukan groundbreaking pembangunan 5.000 unit rumah murah untuk mengejar target nasional pembangunan sejuta rumah,” ujar Syarif Burhanuddin, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) di Jakarta, Selasa (8/12).

Program sejuta rumah, lanjut Syarif, selain bertujuan memberikan hunian layak kepada kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) juga berdampak pada peningkatan ekonomi kawasan. Karena itu setiap pemda diharapkan bisa memberikan dukungan dan kemudahan terhadap pelaksanaan program ini. Pemda juga diminta melakukan kontrol terhadap pembangunan rumah rakyat di wilayahnya melalui pemberian izin mendirikan bangunan (IMB).

Sesuai aturan yang berlaku pemerintah mewajibkan pengembang membangun dengan konsep hunian berimbang 1:2:3. Yaitu setiap pembangunan satu rumah mewah diikuti dengan dua rumah menengah dan tiga rumah sederhana. Pemda dengan mudah memastikan konsep hunian berimbang  ini dijalankan atau tidak melalui IMB yang diterbitkan.

“IMB ini bisa dijadikan alat kontrol untuk memastikan pengembangan segmen hunian di suatu kawasan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ini untuk menjamin agar seluruh segmen mulai rumah mewah, menengah, hingga bawah ada pasokannya dan bisa dipilih oleh masyarakat sesuai kemampuannya,” imbuhnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan