Mau Ganti Sofa? Perhatikan 7 Hal Ini

Minggu, 20 Des 2015 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Biasanya menjelang Natal dan tahun baru banyak yang ingin mengganti sofa. Perabotan yang biasa ditempatkan di ruang tamu dan ruang keluarga itu sebaiknya dipilih yang cantik dan nyaman. Sebelum mengganti sofa ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita mendapatkan sofa sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Setidaknya ada tujuh hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli sofa sebagaimana rilis Fabelio, sebuah destinasi online untuk mempercantik rumah, melalui publikasi yang diterima housing-estate.com, Minggu (20/12).

Ilustrasi

Ilustrasi

Warna Sofa

Warna adalah hal pertama yang harus dicermati ketika kita memilih sebuah sofa. Kebanyakan orang akan memilih warna-warna netral dan natural seperti gading, coklat, atau hitam. Kita tidak perlu khawatir memilih warna sofa yang berwarna cerah dan bervariasi karena sofa juga bisa menjadi aksen ruangan yang cukup penting.

Ukuran

Cermati proporsi ukuran ruangan dengan ukuran sofa. Idealnnya, bila ukuran ruang tamu atau living room tidak terlalu besar, katakan di bawah 12 m2, gunakan sofa dengan dua dudukan (two seater) atau bisa juga ditambah dengan satu sofa tunggal (armchair).

Bentuk

Bentuk sofa identik dengan desain sofa itu sendiri. Saat ini desain sofa sangat beragam sehingga kita harus cermat memadukannya untuk mendukung suasana keseluruhan ruang yang ingin kita tonjolkan, misalnya modern, minimalis, ataupun tradisional.

Bahan

Materi bahan khususnya busa sofa akan sangat memengaruhi kenyamanan pengguna. Selain kenyamanan, busa sofa juga sangat berpengaruh terkait dengan perawatan sofa secara keseluruhan. Busa yang berkualitas rendah akan sangat mudah kehilangan bentuk idealnya sehingga akan sangat memengaruhi kenyamanan maupun tampilan sofa tersebut.

Kaki Sofa

Kendati posisinya di bawah dan hanya sebagai penopang, bentuk kaki sofa yang baik dapat mempermanis desain sofa secara keseluruhan. Bagi yang menyukai kaki sofa dengan aneka variasinya, bisa memilih kaki sofa yang terbuat dari kayu plus sedikit ukiran sehingga menimbulkan kesan klasik dan tradisional. Kaki sofa yang terbuat dari baja akan terlihat modern dan menimbulkan kesan industrial. Selain dari sisi desain, kaki sofa juga bisa menentukan ketahanan sofa secara keseluruhan.

Lengan Sofa

Lengan sofa selain penting dari sisi tampilannya, penting juga untuk kenyamanan penggunanya. Pastikan posisi duduk kita secara keseluruhan nyaman setelah menentukan pilihan sofa yang menurut kita paling oke. Untuk itu, harus dicoba dan pastikan sofa dapat menyokong seluruh beban tubuh kita.

Materi Permukaan Sofa

Materi permukaan sofa sangat menentukan kenyamanan dan ketahanan sofa. Kita bisa memilih sofa dengan permukaan kulit yang mudah dibersihkan atau dengan permukaan kain biasa yang harganya lebih terjangkau.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan