Ecocapsules, Rumah Kompak Hemat Energi

Sabtu, 26 Des 2015 | Penulis: Nta

Housing-Estate.com, Jakarta - Bentuknya unik, mirip kacang kenari atau telur. Ukurannya 2,25 × 2,55 meter dan tinggi 4,5 meter. Menggunakan material insulated fiberglass dengan rangka dan berlapis aluminum. Biar mungil, tapi isinya komplet serupa apartemen tipe studio; ada kamar tidur, dapur dan perlengkapannya, area kerja, ruang makan dan kamar mandi.  Ini memang rumah kompak, dan penciptanya, Nice Architects (Slovakia) menyebutnya ecocapsule.

Ecocapsule

Disebut ecocapsule, karena memangnya yang serupa kapsul dan eco, sebagai kependekan ecology, karena juga dirancang ramah lingkungan. Energinya tergantung pada panas matahari dengan panel surya berkapasitas 600 watt serta kincir angin dengan daya 750 watt. Panel surya dan tiang kincir angin ditempatkan di bagian atap “rumah”. Ecocapsule dilengkapi dengan reverse osmosis filter, yang bisa mengolah air hujan atau air danau menjadi air layak minum.

Nice Architects memang ingin menciptakan sebuah hunian berukuran kompak yang bisa dihuni 1-2 orang dan bisa berdiri di mana saja, tidak tergantung pada jaringan infrastruktur kota. Dengan begitu, bisa diletakkan di mana saja.  Di halaman belakang rumah, di pantai atau di atas tebing sebagai rumah berlibur, bahkan untuk rumah sementara saat ada bencana. Pendeknya, “Terserah pada keinginan masing-masing, tergantung imajinasi atau mimpi masa kecilnya,” kata Igor Zacek, partner Nice, kepada CNN.

Ecocapsule

Selain kompak, ecocapsule juga mudah dipindah-pindahkan. Tersedia empat kaki tambahan beroda yang kemudian bisa ditarik dengan mobil, bahkan cukup ringan (1.200 kg, berat kosong) untuk diangkat dengan helikopter.

Sebelum memproduksi secara massal, Nice harus melakukan riset selama enam tahun. Dan baru pada tengah tahun 2015 ini, Nice memproduksi generasi pertama. Pada tahap awal Nice hanya membuat 50 unit saja dan secara eksklusif bisa diimbuhi beberapa fitur sesuai keinginan pembeli. Harganya dipatok 79.900 Euro atau sekitar Rp1,2 miliar. Ecocapsule generasi kedua baru dipasarkan tahun 2017.

Ecocapsule

Harga tersebut sudah termasuk furnitur plus kelengkapan lainnya. Antara lain meja, lemari, tempat tidur berukuran  kasur 2×1,45 meter, rak dapur dan rak koper. Lalu penghangat lantai dan pemanas air di kamar mandi serta perlengkapan smart home. Furniturnya dirancang kompak, berbahan lightweight honeycomb panels dengan  wood veneer finish. Nice membuka peluang bagi desainer lain untuk menciptakan furnitur dan elemen interior lain khusus untuk ecocapsulei. Jika pembeli ingin mengisinya dengan koleksi pribadinya dimungkinkan, selama sesuai dengan standar Nice.

Sumber: domain & ecocapsule

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan