Pasar Lesu, Harga Rumah Pondok Indah Tidak Naik

Rabu, 13 Jan 2016 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Pasar rumah seken Pondok Indah (460 ha), Jakarta Selatan, ikut terpengaruh  kondisi pasar properti yang sedang lesu. Menurut Lisa Kuntjoro dari Era Home Pondok Indah, saat ini harga rumah seken di kawasan elit itu cenderung stabil dan tidak mengalami kenaikan seperti biasanya. Bahkan di lokasi-lokasi utama masih cukup banyak yang menawarkan dengan harga lama.

Ilustrasi : Kawasan Pondok Indah

Ilustrasi : Kawasan Pondok Indah

“Sekarang ini saatnya beli rumah seken di Pondok Indah, penawarannya lagi banyak sehingga persaingan harganya juga relatif ketat. Ini menguntungkan konsumen, ” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Baby (13/1).

Situasi  perekonomian nasional yang tidak bagus membuat pemilik rumah Pondok Indah merasa huniannya terlalu mahal. Mereka mulai berhitung soal pajak yang harus dibayar. Karena itu sekarang  banyak rumah mau dijual.

Lisa mengatakan rumah tipe kecil di Pondok Indah (PI) potensi kenaikan harganya lebih cepat. Segmen ini peminatnya cukup banyak sehingga mudah dijual kembali dengan potensi keuntungan lumayan. Rumah seperti ini antara lain ditawarkan di kawasan Pinang atau Gedung Hijau yang masih menawarkan harga Rp30 juta/m2.

Lokasi lain yang lebih tinggi stratanya di kawasan Kencana, Sekolah Duta, Alam Segar, yang harganya sekitar Rp45 juta/m2. Segmen seperti inilah yang disebut Lisa paling banyak dicari ketimbang di kawasan Golf yang harganya mencapai Rp65 juta-Rp75 juta/m2. Harga ini pun disebutnya masih sama dengan 1-2 tahun lalu, artinya tidak ada kenaikan yang signifikan.

“Selama ini saya fokus  hanya memasarkan properti  di sekitar PI, berdasarkan pengalaman saya situasi seperti apapun selalu ada  transaksi di PI, saya sendiri rata-rata setiap bulan bisa menjual 3-4 unit rumah, kaveling, dan kadang apartemen. Tapi khusus saat ini memang saat yang paling tepat kalau mau beli rumah di PI karena banyak pilihan, harga variatif, pokoknya lagi oke banget,” tandasnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan