Menata Ruang Untuk Kebersamaan

Sabtu, 13 Feb 2016 | Penulis: Diyah

Menciptakan ruang untuk kebersamaan di tengah keluarga perlu praktis dan rapi.

Housing-Estate.com, Jakarta - Kebersamaan merupakan bagian penting dalam keseharian keluarga untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Berkumpul bersama anggota keluarga di rumah harus menjadi momen yang ditunggu-tunggu, karena kesibukan di luar rumah saat ini yang sangat memakan waktu. Untuk itu kita perlu menata ruang berkumpul yang nyaman dan tertata rapi di rumah agar kualitas kebersamaan itu bisa lebih baik.

Menata-Ruang-Untuk-Kebersamaan-5

Kendalanya, sebagian besar warga urban tidak memiliki ruang luas di rumah untuk berkumpul. Jadi diperlukan kiat praktis menata ruang tamu atau ruang keluarga sebagai tempat berkumpul yang nyaman dan tertata rapi. Pertimbangkan tempat penyimpanan barang-barang secara efisien, terjangkau, dan sekaligus memberikan kenyamanan.

“Pengaturan penyimpanan adalah salah satu kunci penataan ruangan. Cara mudah yang dapat langsung dicoba, misalnya, dengan memilah barang-barang yang ada dan masih digunakan, untuk kemudian disimpan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jadi, saat dibutuhkan tidak kesulitan mencarinya,” kata Eliza Fazia, Marketing Manager IKEA Indonesia, toko furnitur dan perlengkapan rumah asal Swedia yang membuka salah satu outlet-nya di kawasan Alam Sutera (1.000 ha), Tangerang-Banten. Ia juga menyarankan penataan ruang dengan perubahan sederhana tanpa harus selalu mengubah keseluruhan interior rumah.

Suasana ruang juga perlu ditunjang dengan pencahayaan yang tepat, yang dapat disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan di ruangan. Misalnya, untuk menonton televisi, bersantai, membaca buku, bermain atau menerima tamu. Kombinasikan penerangan umum dengan lampu-lampu gantung atau lampu meja sebagai aksen. “Mengubah pencahayaan dalam ruangan dapat memberikan suasana dan mood yang berbeda,” jelas Eliza.

Siapa saja

Dalam menciptakan ruang untuk kebersamaan, perlu memahami siapa saja yang akan berkumpul dan bentuk kegiatan yang mungkin dilakukan. Misalnya, keluarga yang tinggal dengan anak-anak, tinggal tiga generasi serumah dengan orang tua, atau sering berkumpul dengan teman-teman. Ruang keluarga untuk tempat berbagi cerita memerlukan perabot sofa dengan dudukan yang nyaman agar suasana berbagi terasa lebih santai dan akrab. Untuk memaksimalkan kenyamanan fungsi ruang, sofa yang empuk bisa ditambahkan dengan bantal kursi hias bermotif. Lengkapi juga dengan meja mungil untuk menghidangkan kopi dan kue sehingga suasana lebih menyenangkan. Tambahkan karpet lembut sebagai alas lantai jika ingin bersantai dengan duduk di lantai.

Jangan tercecer

Suasana ruang keluarga menjadi kurang nyaman bila banyak barang yang tercecer. Sediakan tempat penyimpanan barang dengan memanfaatkan perabot yang sudah ada, seperti rak buku yang dapat digunakan juga untuk memajang foto-foto, suvenir dan majalah. Untuk ruang yang terbatas, dapat ditambahkan kotak penyimpanan kecil untuk kunci, charger, atau barang-barang lain yang mudah terselip.

Perabot dan aksesoris

Untuk menciptakan ruang berkumpul yang nyaman, IKEA menghadirkan sejumlah inspirasi tata ruang dan jenis perabot yang dapat digunakan. Ada sofa Klippan warnawarni yang tampil ringan seharga mulai dari Rp2,9 juta/unit, kursi santai Poang yang nyaman senilai Rp200 ribu – Rp2,9 juta, rak buku Billy yang serba guna seharga Rp150 ribu-4,9 juta, hingga kotak penyimpanan Tjena seharga Rp29-99 ribu, yang dapat membantu membuat ruang menjadi lebih rapi. Untuk pencahayaan tersedia rangkaian lampu (LED) dengan aneka kap (penutup) cantik yang terbuat dari berbagai bahan dasar kain, plastik dan kertas untuk memberi suasana hangat. Berbagai dekorasi ruang berupa aksesoris juga patut dihadirkan untuk menciptakan kesan ceria, seperti bingkai foto dan koleksi tekstil. Selimut Ofelia (Rp399- 499 ribu) misalnya, bisa disandarkan pada sofa untuk memberikan kesan lembut.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan