Ingin Tahu Kesiapan Punya Apartemen, Cek 5 Hal ini

Kamis, 28 Apr 2016 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Apartemen menjadi alternatif  hunian di perkotaan paling layak dipilih. Selain lebih dekat ke tempat kerja harganya juga lebih terjangkau. Cara pembayaran yang ditawarkan pengembang juga fleksibel. Selain melalui kredit pemilikan apartemen (KPA) pengembang umumnya menawarkan angsuran bertahap cukup panjang. Uang muka juga dapat diangsur biasanya hingga dua tahun.

Apartemen

Rumah biasa (landed house) dengan harga terjangkau juga masih ada tapi lokasinya jauh. Karena itu secara ekonomi dan waktu tempuh ke tempat kerja tidak efisien. Kecuali tempat kerjanya dekat stasiun sehingga rumahnya juga dipilih dekat stasiun.

Untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Anda membeli apartemen setidaknya ada sejumlah syarat yang harus terpenuhi. Menurut urbanlife.id melalui keterangan pers yang diterima housing-estate.com di Jakarta, Kamis (28/4), ada 5 syarat yang bisa dijadikan landasan kapan kita siap untuk membeli unit apartemen. Kelima syarat tersebut adalah:

 

  1. Bebas utang

Selesaikan seluruh utang kita khususnya kartu kredit. Jangan sampai bermasalah dengan kartu kredit karena akan menyulitkan saat mengambil pinjaman KPA dari bank. Apabila memiliki utang pastikan jumlahnya tidak melebihi sepertiga penghasilan yang bisa kita setorkan untuk cicilan KPA.

  1. Siap uang muka (depe)

Untuk membeli unit apartemen sekurangnya harus tersedia uang muka atau depe 20 persen. Saat ini cukup banyak penawaran apartemen dengan depe kecil 5-10 persen atau yang membebaskan uang muka. Pembayaran uang muka umumnya dapat diangsur selama periode tertentu, misalnya 24 – 36 kali. Selama menyicil uang muka itu pembangunannya diperkirakan  sudah selesai sehingga pembayarannya dapat dilanjutkan dengan skema KPA.

  1. Siap mandiri

Setiap orang pada saatnya ingin menetap di hunian miliknya sendiri dan tidak berpikir untuk terus menumpang maupun mengontrak. Bila keinginan untuk mandiri sudah kuat, segera ambil langkah untuk membeli unit properti hunian.

  1. Catatan kredit bagus

Seperti pada poin 1, catatan kredit kita harus bagus sebagai syarat dapat mengambil pinjaman dari bank. Karena itu jangan mudah tergoda penawaran kartu kredit. Lebih-lebih bila tipe orangnya impulsif dan tidak bisa menahan diri, kartu kredit merupakan barang terlarang yang harus dihindari. Jika terlanjur punya sebaiknya ditutup atau digunting.

  1. Tabungan cadangan

Sedia payung sebelum hujan adalah nasihat bijak para orang tua kita dulu. Tabungan cadangan ini dibutuhkan untuk aneka biaya tak terduga saat membeli properti. Tabungan cadangan juga dibutuhkan untuk nantinya melakukan renovasi maupun membeli kebutuhan isi rumah.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan