Rumah Panggung Di Daerah Banjir

Minggu, 3 Jul 2016 |

Konsultasi

Housing-Estate.com, Jakarta - Saya memiliki kaveling 8 x 15 m2 di komplek perumahan yang kini cenderung cepat banjir meskipun tidak lama. Saya membutuhkan rumah dua lantai yang terkesan modern-praktis dengan 1 kamar tidur utama plus kamar mandi di dalam, dan 2 kamar tidur anak dewasa dan tambahan 1 ruang musala. Sedangkan ruangan lain seperti carport, dapur, tempat mencuci dan menjemur, ruang keluarga dan taman di depan-belakang. Renovasi rumah dengan target biaya paling hemat dengan tetap mempertahankan denah rumah yang telah ada. Mohon diberikan solusi dan inspirasi desain dari Triplus.

Henri Yudhi, Surabaya

Solusi Desain

Terima kasih atas kepercayaan Bapak Henri kepada tim Triplus. Berdasarkan pengalaman kami, mempertahankan denah bangunan awal justru akan lebih boros. Mempertahankan bagian lama bangunan justru akan memperlambat tahapan kerja awal membangun. Proses menambah lantai bangunan juga harus mengubah atau menambah struktur bangunan secara menyeluruh. Usulan rancangan kami akan didasarkan pada alternatif bongkar total bangunan lama.

Maret 2015 - Rancang Bangun - Rumah Panggung Di Daerah Banjir (1)

Kesederhanaan bentuk dan tata ruang dalam rumah didukung pola struktur yang kami rancang modular dan mampu menjawab kebutuhan Bapak akan rumah dua lantai yang terkesan minimalis-modern-praktis. Material daur ulang dan penyelesaian bangunan yang diekspos menjadi solusi rancangan untuk menyesuaikan dengan anggaran, dan sewaktu-waktu dapat diubah atau ditambahkan dengan mudah tanpa pengerjaan ulang. Misalnya, melakukan pengecatan atau menambah lapisan dinding.

Untuk menjawab masalah banjir, kami menggunakan konsep rumah panggung. Konsep tersebut akan membuat rumah aman terhadap banjir sekaligus juga menambah daya dukung lingkungan dengan menjadikan kolong rumah sebagai area resapan air. Ketinggian panggung berjarak 90 cm di atas permukaan jalan. Jarak tersebut memungkinkan kemudahan akses untuk melakukan perawatan area kolong panggung. Lantai dasar di bawah panggung diusulkan menyebarkan batu kerikil atau split untuk menjaga area kolong lebih kering dan tidak becek.

Tampak Samping

Tampak Samping

Lantai 1

Teras untuk menerima tamu akan mengarahkan kita menuju ruang terbuka multi fungsi di mana ruang keluarga, ruang makan dan dapur berada. Di lantai bawah ini juga ditempatkan kamar tidur utama sehingga aksesnya lebih mudah. Sisi samping bangunan hingga belakang kami buka untuk taman. Pelingkupan bangunan dengan taman bertujuan membuat sirkulasi udara dan pemanfaatan penerangan alami dalam rumah menjadi optimal.

Penyelesaian bangunan dengan acian ekspos dan dinding bata ekspos yang dipadukan dengan harmonis pada desain rumah ini, kami harapkan juga dapat menjadi solusi alternatif untuk menekan biaya. Langit-langit kami buat terbuka tanpa penutup. Solusi ini selain untuk mengurangi biaya, juga memberikan kemudahan dalam pemeriksaan dan pemeliharaan jalur-jalur instalasi air dan listrik.

Maret 2015 - Rancang Bangun - Rumah Panggung Di Daerah Banjir (6)

Lantai 2

Program ruang di lantai 2 terdiri dari dua kamar tidur anak dengan satu kamar mandi di luar. Bukaan besar tampak pada kedua kamar tidur. Ruang baca dan ruang duduk kecil juga kami tempatkan di lantai 2 sebagai alternatif ruang bersama yang lebih privat. Sedangkan area servis yang terdiri dari ruang cuci, gudang dan area jemur kami tempatkan di sisi belakang lantai dua.

Tips

  1. Maksimalkan bukaan pada kulit bangunan untuk meminimalkan penggunaan listrik terutama alat pendingin udara (AC). Bisa menghemat pengeluaran dan berkontribusi aktif dalam konservasi energi.
  2. Perbanyak sumur resapan dan tempatkan pengolahan air bekas pakai dan air limpahan dari atap untuk konservasi air. Untuk rumah Bapak Henri, sumur resapan dan bak pengolahan air dapat dengan mudah ditempatkan di kolong panggung.
  3. Gunakan ulang bahan-bahan bekas yang masih layak pakai sebagai langkah penghematan biaya pembangunan. Sesuaikan dengan anggaran yang telah direncanakan untuk pembangunan dan renovasi rumah Anda.

 

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan