Indonesia Bidik 10 Juta Wisatawan Cina

Kamis, 1 Des 2016 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Ramainya pemberitaan 10 juta warga Cina  ke Indonesia mendapat tanggapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Isu ini menjadi viral dan ramai diperbincangkan di media sosial (medsos). Tidak seperti di medsos yang menyebut mereka tenaga kerja murah, yang benar pemerintah sedang mengusahakan untuk mendatangkan 10 juta warga Cina sebagai turis.

tanjung-lesung3

“Pemerintah tengah menggenjot habis-habisan agar pada tahun 2019 nanti jumlah turis yang masuk ke Indonesia dari 9 juta orang menjadi 20 juta. Makanya kita kerja sama dengan pemerintah Cina karena warga negara mereka ada 150 juta orang yang setiap tahun liburan keluar negeri,” ujar Jokowi seperti dikutip pada laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), Rabu (30/11).

Jokowi mengatakan  pemerintah tengah berupaya memperbaiki positioning pariwisata Indonesia menjadi lebih baik. Indonesia akan menawarkan produk-produk yang berbeda,  membangun brand destinasi, dan melakukan promosi besar-besaran. Ajakan berkunjung ke Indonesia ini sudah muncul di jalanan Paris, Amerika Serikat, Malaysia, dan berbagai negara lainnya yang menjadi basis wisata Indonesia.

Sejauh ini industry pariwisata Indonesia tertinggal darinegara tetangga.  Malaysia kedatangan turis manca negara sebanyak 24 juta/tahun, Thailand 29,8 juta, dan Indonesia 9 juta. Karena itu Jokowi memasang target tinggi, tidak mau hanya naik 2 juta tapi harus mencapai 20 juta orang.

“Makanya saya ketemu Presiden RRT Xi Jinping, warga negara Cina yang 150 juta itu kebanyakan perginya ke Amerika Serikat atau Eropa, kita mau mereka juga ke Indonesia. Jadi jangan dipleset-plesetkan, masa tenaga kerja 10 juta mau masuk, sudah saya cek, tenaga kerja Cina yang ada di Indonesia jumlahnya nggak lebih 14 ribu orang,” tandasnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan