Ini 7 Desain Rumah Ramah Lingkungan

Senin, 26 Des 2016 | Penulis: Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Tantangan iklim dan pertumbuhan manusia yang luar biasa membuat setiap kita harus concern dengan pelestarian alam. Green building, eco architect, maupun green behavior tidak bisa lagi dijadikan sekadar slogan tapi memang harus mulai diwujudkan oleh setiap kita dan dimulai dari keluarga.

Hal inilah yang mendasari beberapa arsitek untuk mengadakan diskusi dan eksibisi bertajuk Eco Local Architecture Exhibition di Jakarta, pekan ini. Ada 7 karya yang dipamerkan yang seluruhnya mengusung eco architect untuk keselarasan dengan alam yang mungkin beberapa bagiannya bisa menginspirasi kita untuk mulai menerapkan di rumah.

Sagala’s House, Cilandak, Jakarta Selatan

Aribowo d sukaton

Sagala's House

Sagala’s House

Rumah ini dibangun di atas lahan seluas 200 m2 yang menghadirkan konsep rumah ramah lingkungan. Pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik dan penggunaan solar panel untuk tenaga listrik di rumah dan pengolahan air hujan. Rasio bangunan yang dibangun 50 persen sehingga masih memiliki area terbuka hijau yang mencukupi.

Untuk mewujudkan rumah yang sejuk dan nyaman, bukaan jendela yang besar dan air hujan didgunakan kembali untuk menyirami atap rumah sehingga mengurangi panas terik matahari. Desain layout rumah juga sederhana saja, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga berkumpul dengan desain ruang yang optimal.

Halaman depan digunakan untuk playground anak-anak, lantai dasar dan lantai atas untuk kumpul keluarga dan kerabat. Rumah ini juga dibuat dengan memaksimalkan metarial bata ekspos dan dinding ekspos yang menghiasi hampir seluruh bagian rumah.

Laman: 1 2 3 4 5 6 7

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan