Hindari Kasus Pulomas, Begini Desain Kamar Mandi Yang Benar

Kamis, 5 Jan 2017 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Perampokan  rumah mewah di Pulomas, Jakarta Timur, yang menelan enam korban jiwa memberi pelajaran berharga. Keenam korban tersebut tewas disekap bersama lima orang lainnya di dalam kamar mandi/toilet sempit (2×1,5) tanpa sirkulasi udara yang menyebabkan mereka kehabisan oksigen.

Kejadian ini member pesan kuat bahwa ventilasi atau jendela harus ada di setiap ruang tidak terkecuali kamar mandi. Posisi dan desain kamar mandi juga perlu perhatian, sekarang karena efisiensi toilet/kamar mandi banyak ditempatkan di bawah tangga. Dikutip dari situs desain online Grya, Rabu (4/1), ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat sebuah kamar mandi sehat dan ideal. Fokusnya adalah pada bukaan agar ruang kamar mandi mendapat sirkulasi udara dan tidak lembab. Berikut tips-nya.

Jendela atau skylight

ventilasi

Jendela merupakan bukaan untuk masuknya cahaya dan udara sehingga kamar mandi tidak gelap. Kamar mandi yang memiliki bukaan cukup tidak perlu menggunakan lampu listrik saat siang hari sehingga lebih hemat energi. Masuknya udara dan cahaya juga berfungsi menjaga suhu di dalam lebih ideal sehingga kamar mandi tidak pengap dan lembab. Bukaan ventilasi pada sebuah kamar mandi bisa disesuaikan dengan bentuk dan ukurannya dengan tetap menjaga privasi.

Exhaust fan

exaos

Jika tidak dimungkinkan membuat bukaan karena dinding kamar mandi berbatasan dengan ruang luar, alternatifnya bisa digunakan kipas angin atau exhaust fan di plafon atau dinding. Exhaust fan berguna untuk menyedot udara di dalam kamar mandi dan penggunaan perangkat ini bisa dikombinasikan dengan memasang jalusi pada pintu kamar mandi. Jalusi atau sirip-sirip pada pintu berfungsi untuk memasukan udara ke dalam.

Gunakan shower

shower

Mengurangi penggunaan air merupakan salah satu cara meminimalisir kelembaban. Karena itu hindari penggunaan bak mandi dengan memakai shower. Upayakan kamar mandi selalu kering untuk mengurangi berkembangnya kuman. Sebab, di kawasan tropis yang cukup lembab jamur mudah tumbuh yang bila terhirup bisa menyebabkan alergi termasuk penyakit pernafasan.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan