1.000 Pasar Tradisional Akan Direvitalisasi

Sabtu, 7 Jan 2017 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, pemerintah akan melakukan revitalisasi pasar tradisional di seluruh Indonesia. Enggar menyebut anggaran untuk revitalisasi pasar ini akan ditingkatkan dengan target revitalisasi 1.000 pasar pada tahun ini untuk mendongkrak geliat perdagangan di dalam negeri.

pd-pasar-jaya

“Pasar ini jadi prioritas pemerintah dengan anggaran yang akan dilipatgandakan 4-5 kali lipat untuk revitalisasi. Targetnya, sebanyak 728 pasar akan direvitalisasi menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dari APBN. Nantinya dana ini akan disalurkan dari pusat ke daerah, sementara sisa 272 pasar direvitalisasi dengan dana tugas pembantuan,” ujarnya menerangkan program ini kepada kalangan media di Jakarta, pekan ini.

Skema ini diubah dari pelaksanaan revitalisasi pasar pada tahun lalu. Sebelumnya Kementerian Perdagangan telah melakukan revitalisasi sebanyak 710 pasar dengan menggunakan DAK dan 168 pasar dengan dana tugas pembantuan dan hanya tercapai 87,8 persen atau 878 pasar dari target revitalisasi 1.000 pasar.

Revitalisasi ini akan dilakukan berdasarkan kuantitas dan kualitas. Untuk kuantitas akan diinventarisir seluruh pasar di pelosok Indonesia agar tidak ada yang terlewat. Sementara dari segi kualitas akan ditingkatkan standarnya mencakup desain, spesifikasi, dan kekhasan pasar. Konsep itu akan diteruskan ke pemerintah daerah sehingga seluruh pasar di Indonesia memiliki kualitas sama dan terus meningkat.

“Akan dilengkapi juga dengan standard operation procedure (SOP) yang diserahkan ke daerah sehingga daerah bisa langsung melakukan tender. Targetnya kita bisa revitalisasi 5.000 pasar hingga tahun 2019,” pungkasnya. Yudis

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan