Southeast Capital Superblok Baru Dekat Jalur LRT

Sabtu, 25 Feb 2017 | Penulis: Prasojo

Housing-Estate.com, Jakarta - Kawasan Jakarta Timur yang selama ini sepi dengan proyek raksasa mulai menunjukkan perubahan. PT Sayana Integra Properti melirik kawasan ini dengan mengembangkan proyek superblok Southeast Capital di Cipayung, Jakarta Timur. Proyek seluas 12,5 di Jl Bina Marga itu dikembangkan bersama Trivo Group. Di sini akan dibangun beragam jenis properti, yaitu 14 tower apartemen, mal, gedung perkantoran, hotel, dan area komersial.

Main Boulevard

Main Boulevard

Southeast Capital akan dikembangkan empat tahap. Pembangunannya diperkirakan akan rampung seluruhnya dalam 10 tahun. Tahap pertama Garden Residences sebanyak empat tower: Cattleya, Bougenville, Allamanda, Dahlia. Tower pertama, Cattleya, sudah mulai dipasarkan sejak dua bulan lalu. Menara setinggi 28 lantai itu mencakup 650 unit terdiri tipe studio (29,9 m2), studio plus (35,7 m2), 1 kamar (49,4 m2), dan 2 kamar (65,8 m2).  Saat ini tahap soft launching, pemasarannya tidak melalui pengambilan NUP (nomor urut pemesanan) seperti apartemen pada umumnya tapi  langsung membayar booking fee dan memilih unit. “Sekarang  sudah terjual 40 persen, paling diminati tipe studio,” ujar Liong Subur Kusuma, GM Marketing Southeast Capital, kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (24/2).

Masterplan

Masterplan

Setiap lantai berisi 37 unit hunian yang akan dilayani 8 lift. Selain beberapa tipe itu dipasarkan unit premium berkonsep loft, yaitu Garden Loft (87,4-181,7 m2) sebanyak 22 unit dan Sky Loft (24 unit) berkuran 83,4 – 188,4 m2. Unit premium ini berada di lantai bagian bawah. Melengkapi unit hunian dipasarkan juga ruko sebanyak 18 unit. Konsumen bisa memilih dua cara pembayaran tunai dan angsuran bertahap kepada pengembang. Untuk pembayaran tunai harganya Rp13 jutaan/m2, cicilan bertahap 66 kali Rp17,5 juta/m2. Grand launching rencananya akan dilaksanakan usai lebaran, antara Juli-Agustus 2017.  Targetnya saat launching nanti sudah terjual sebanyak 75 persen sekaligus dibuka pemasaran tower kedua.

Kawasannya masuk wilayah low density atau kepadatan rendah. Dari 12 ha yang dibangun hanya 5 ha, selebihnya yang 7 ha untuk ruang terbuka. Karena itu kawasan tersebut relatif  lebih hijau dan nyaman untuk hunian. Superblok ini akan dilengkapi jogging track dan jalur sepeda sepanjang 2,5 km yang diklaim terpanjang yang pernah dibangun di proyek superblok. Malnya seluas 30 ribu meter persegi memadukan konsep indoor shopping mall dengan green outdoor.

 

Ikon baru

Subur mengklaim proyek yang dikembangkan akan menjadi ikon baru di Jakarta Timur. Ia menggambarkan Southeast Capital akan menjadi seperti Podomoro City di Grogol, Jakarta Barat. Semula ikonnya Taman Anggrek tapi setelah Podomoro City yang dilengkapi hotel bintang 5, gedung perkantoran, dan mal yang lebih berkelas kiblat orang langsung berpindah. “Southeast Capital akan seperti itu, nanti di sini akan dibangun satu tower hotel bintang 4 dan satu tower perkantoran, selain fasilitas lainnya” imbuhnya.

Akses dan transportasinya tergolong bagus, kawasan ini dekat gerbang tol Bambu Apus, Setu (tol JORR), dan Taman Mini. Menuju koridor TB Simatupang, Jakarta Selatan, dan pusat bisnis Jakarta cukup mudah. Lokasinya juga dekat dengan stasiun light rail transit (LRT) di Ciracas yang menjadi bagian dari pembangunan proyek LRT tahap I (Cawang-Cibubur). Selain itu Jasa Marga berencana membuka gerbang tol baru di Km 9,2 di ruas tol Jagorawi yang terkoneksi dengan Jl Bina Marga. Karena itu Jl Bina Marga akan dilebarkan menjadi dua lajur (RoW 20) yang menjadi proyek Pemprov DKI. Jika dua proyek infrastruktur itu jadi akses dari dan ke Southeast Capital semakin mudah.  Penghuni bisa menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan tol (Jagorawi dan JORR) atau menumpang LRT. Menurut Subur, bila LRT beroperasi dan akses tol baru ke Jagorawi terwujud harga properti Southeast Capital bakal langsung melambung. Ia memprediksi harganya bisa di atas Rp20 juta/m2.

Tower Cattleya akan dilengkapi fasilitas parkir basement (2 lantai) dengan rasio 1:3. Apartemen rancangan Airmas Asri ini juga dilengkapi ruang multifungsi, sky bridge, infinity pool & children’s pool, gym, dll.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan