Cara Mudah Mengusir Kecoa Dari Rumah

Rabu, 1 Mar 2017 | Penulis: Prasojo

Housing-Estate.com, Jakarta - Kecoa merupakan salah satu jenis serangga yang kerap kita temukan di dalam rumah. Binatang yang jorok dan menjijikkan ini suka dengan bekas makanan dan mengambil makanan yang tidak tertutup rapi. Kecoa akan hidup dan berkembang di tempat-tempat kotor dan lembab. Di rumah biasanya bermukim di tempat-tempat gelap dan tersembunyi seperti di kabinet dapur, gudang tanpa sinar dan ventilasi, dsb. Beberapa jenis kecoa juga dapat menyebarkan kuman pada manusia. Karena itu bebaskan rumah Anda dari binatang ini. Cara paling umum mengusir kecoa adalah menjaga rumah selalu bersih, terang, dan kering khususnya di tempat-tempat tersembunyi. Ada juga cara efektif membasmi kecoa dengan insektisida, tapi kecoa akan muncul lagi bila kondisi rumah jorok. Bisa juga mengusir kecoa  menggunakan bahan-bahan alami. Berikut beberapa cara yang dapat ditempuh agar rumah Anda bebas dari binatang jorok ini.

Bunga Lavender

Bunga Lavender

Kapur Barus

Kapur Barus

  1. Bersihkan rumah secara teratur pagi dan sore, sapu seluruh permukaan lantai kemudian pel. Area dapur terutama di bagian bawah kitchen, seperti tempat menyimpan gas, area bawah cucian, kabinet harus dalam kondisi bersih.
  2. Usahakan jangan sampai ada makanan yang tercecer saat makan, bila itu terjadi atau ada remah-remakan makanan di meja dan lantai segera bersihkan. Jangan beri peluang kecoak mendatangi makaman dengan menutup rapat tempat penyimpanan makanan di meja dan kompor.
  3. Segera cuci semua peralatan makan dan minum yang habis dipakai, jangan membiarkan terlalu lama di tempat cucian, apalagi dengan sisa-sisa makanannya.
  4. Buang sisa makanan ke tempat sampah sementara yang tertutup rapat di dapur dan segera buang ke tong sampah di luar rumah. Tempat sampah harus berpenutup untuk menghindari binatang lain seperti kucing mengacak-ngacak sisa makanan yang akan mengotori area sekitar dan mengundang kecoak dan tikus berdatangan.
  5. Taburkan wewangian seperti kapur barus atau karbol di tempat-tempat lembab dan tertutup rapat yang ditengarai menjadi persembunyian kecoa. Bisa juga dengan bahan alami seperti biji bunga lavender yang harumnya dapat mengusir kecoa.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan