5 Langkah Agar Kulkas Awet dan Dingin

Minggu, 5 Mar 2017 | Penulis: Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Produk elektronik yang digunakan harian memerlukan perawatan dan penanganan secara tepat. Salah satunya kulkas yang berfungsi untuk menyimpan aneka penganan agar lebih tahan lama dan segar. Selain itu penggunaan kulkas yang serampangan juga berpengaruh terhadap konsumsi listrik dan umur pakai kulkas. Penempatan kulkas, penyimpanan aneka makanan, aktivitas buka-tutup kulkas sangat berpengaruh terhadap keandalan perangkat ini dalam jangka panjang.

harga-kulkas-untuk-ibu-pintar

Berikut 5 tips menggunakan kulkas supaya makanan yang disimpan bisa lebih awet, perangkatnya lebih tahan lama, dan konsumsi listriknya tidak boros. Yudis

Penempatan
Letakkan kulkas di ruangan yang memiliki sirkulasi baik. Hal ini sangat penting karena tidak seperti perangkat lain yang ada off-nya, kulkas on selama 24 jam. Karena itu sirkulasi udara yang baik dibutuhkan agar tidak menambah beban kerja lebih berat. Hindarkan dari pancaran sinar matahari langsung, dekat sumber panas seperti kompor, mesin air, dan produk lain yang menghasilkan panas. Berikan jarak bagian belakang kulkas dengan dinding sekurangnya 20 cm sehingga mesin di bagian belakang mendapatkan sirkulasi dan tidak panas. Bersihkan berkala bagian belakang ini supaya kerja komresornya tidak lebih berat karena tertutup debu dan kotoran.

Jangan Terlalu Penuh
Bukan hanya bagian luar yang membutuhkan sirkulasi, bagian dalam kulkas juga butuh sedikit ruang untuk bersirkulasi. Karena isi kulkas jangan terlalu penuh sehingga beban kompresor untuk mendinginkan bagian dalam kulkas tidak berat. Jangan menyimpan makanan panas yang akan membuat kinerja kulkas semakin berat.

Kurangi Buka-Tutup
Sering kali kita membuka kulkas terlalu lama dan sering. Ini akan membuat tingkat dingin berkurang, kompresor bekerja lebih berat, dan konsumsi listrik lebih besar. Sebelum membuka kulkas pikirkan dulu apa yang hendak diambil agar pintu kulkas tidak terbuka terlalu lama.

Bersihkan Secara Rutin
Bagian dalam kulkas kerap kotor akibat sisa makanan dan minuman yang kemudian lengket dan membeku. Bersihkan secara berkala bagian dalam kulkas sehingga selalu bersih. Selain jorok kotoran juga kan membuat kinerja kulkas lebih berat untuk proses pendinginan.

Efektif
Penganan yang disimpan di dalam kulkas sebaiknya dibungkus, untuk makanan yang baunya kuat sebaiknya ditempatkan di kompartemen khusus. Selain lebih rapi hal ini akan mengurangi percampuran aroma dari aneka pangan yang disimpan sehingga panganan tidak mudah rusak dan bisa bertahan lebih lama.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan