Memaksimalkan Ruang di Bawah Tangga

Minggu, 2 Apr 2017 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Area di bawah tangga kerap menjadi ruang tidak fungsional dan buruk bila tidak dirancang dengan baik. Umumnya tempat ini menjadi tempat penyimpanan atau gudang tidak resmi yang kemudian menjadi kotor, kumuh,  dan sarang kecoa. Dengan sedikit kreasi kita bisa memaksimalkan area di bawah tangga menjadi spot yang lebih menyenangkan di rumah. Dikutip dari situs desain online, Sabtu (1/4), ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Area duduk santai

Area duduk

Area duduk

Gunakan bench atau dudukan built in, tambahkan alas duduk (cushion) dan beberapa aksesori lainnya seperti bantal-bantal kecil, kita telah mendapatkan sudut bawah tangga yang lebih menyenangkan. Bisa juga ditambahkan ayunan kecil yang dikaitkan pada anak tangga yang akan menjadi aksen kian menarik.

Powder Room

Ruang bawah tangga bisa difungsikan sebagai powder room atau kamar mandi kering yang hanya menyediakan cermin, wastafel, plus kloset.

Display

Area bawah tangga bisa kita jadikan spot untuk memajang berbagai koleksi dokumentasi maupun cenderamata traveling kita. Kombinasikan foto, pajangan, souvenir, dan lainnya dengan beberapa susunan buku ataupun art work, lampu hias, dan sebagainya. Kita bisa mendapatkan dress up layaknya desainer profesional.

Tempat penyimpanan

Tempat Penyimpanan

Tempat Penyimpanan

Ini fungsi yang paling umum yang biasanya digunakan di area bawah tangga. Tidak ada salahnya menjadikan area bawah tangga sebagai ruang penyimpanan, namun lakukan dengan rapi dan terorganisir. Tata rak sepatu, lemari atau wadah penyimpan aksesori, maupun tempat untuk penyimpanan seprai, handuk, kain tirai, dan sebagainya.

Taman indoor

Tanaman selain berfungsi untuk suplai oksigen juga bisa memberikan efek visual yang ciamik sehingga menghadirkan kesan segar pada ruangan. Kita bisa merancang taman kering dengan menaburkan batu kerikil putih pada lantai kemudian ditambahkan pot tanaman. Bisa dipercantik lagi dengan menggunakan pencahayaan.

Ruang bermain anak

Tempat Bermain

Tempat Bermain

Bagi yang memiliki anak kecil kita bisa merancang ruang di bawah tangga untuk menjadi area bermain. Bentuk bawah tangga yang umumnya miring bisa dijadikan atap rumah-rumahan sehingga menambah keceriaan di rumah. Perhatikan sudut tajam maupun spot-spot yang bisa berbahaya untuk anak.

Rak buku

Gunakan warna netral kemudian pasang rak buku untuk menyimpan koleksi buku-buku kita. Tambahkan juga bench maupun kursi duduk, ruang bawah tangga berfungsi bagai perpustakaan mini.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan