2 Tahun, BTN Salurkan 1,34 Juta KPR Rumah Murah

Jumat, 5 Mei 2017 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Program pembangunan rumah murah mendongkrak penyaluran KPR BTN. Bila sebelumnya penyaluran KPR BTN rata-rata 100 ribu unit per tahun sejak adanya program itu meningkat menjadi 500 ribu unit per tahun.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Sejak program sejuta rumah diluncurkan 2 tahun lalu kami sudah menyalurkan 1,34 juta unit rumah. Sebanyak 433.350 unit sudah KPR, selebihnya 908 ribu disalurkan untuk pembangunan rumah tapak dan rumah susun sederhana milik (rusunami),” ujar Maryono, Direktur Utama Bank BTN, di sela-sela peresmian rumah murah Villa Kencana Cikarang oleh Presiden Joko Widodo di, Bekasi, Rabu (4/5).

Wilayah penyalurannya paling banyak di Jawa sebesar 851 ribu unit, disusul Sumatera 235 ribu, Kalimantan 116 ribu,  Sulawesi 97 ribu, Bali-Nusa Tenggara 33 ribu, dan  6.600 unit di Papua.  Selain itu BTN berinisiatif mengeluarkan KPR Mikro untuk kalangan pekerja di sektor informal, seperti pedagang dan masyarakat berpenghasilan tidak tetap. Plafon kredit KPR Mikro mencapai Rp75 juta untuk masyarakat yang berpenghasilan Rp1,8 -2,8 juta yang pembayarannya dilakukan secara kolektif harian, mingguan, atau bulanan.

“Kami berkomitmen mendukung program pemerintah di sektor perumahan dan kami mengambil peran utama untuk merealisasikannya. Kami ingin berperan lebih dari hanya sekadar menyalurkan pembiayaan tapi sebagai agen pembangunan perumahan nasional,” ujarnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan