Pemda Perlu Menyiapkan Data MBR

Minggu, 14 Mei 2017 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Upaya mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk lebih peduli terhadap program perumahan rakyat terus didorong oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera). Salah satunya dengan memperkuat data perumahan untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di setiap daerah.

Rumah Sederhana

Ilustrasi

Menurut Dirjen Pembiayaan Perumahan Kemenpupera Lana Winayanti, idealnya setiap provinsi, kabupaten, dan kota memiliki data MBR sehingga memudahkan penyusunan kebijakan secara nasional. “Ada kriteria baku tentang MBR di setiap daerah, apa kebutuhannya, berapa standar upah di daerah tersebut, sehingga dengan data-data ini bisa digunakan untuk menyusun kebijakan perumahan yang lebih baik dan benar,” ujarnya di Jakarta, Jumat (12/5).

Pembangunan perumahan, lanjut Lana, harus didasarkan pada kebutuhan dan keterjangkauan masyarakat. Data MBR bisa dijadikan patokan untuk memperlihatkan penghasilan dan pengeluaran rumah tangga juga kondisi huniannya secara umum dikaitkan dengan profesi pekerjaannya.

Dengan data-data ini Kemenpupera bisa menyusun kebijakan dan perencanaan yang lebih pas dan selanjutnya kebijakan ini bisa menjadi panduan bagi pembangunan perumahan baik oleh pemda, pengembang, maupun secara swadaya oleh masyarakt. Penguatan data ini juga akan terkait dengan kelangkaan penyediaan tanah sehingga keseluruhannya bisa dilakukan dengan lebih optimal.

“Dengan adanya data yang akurat dari setiap daerah berbeda, program perumahan bagi MBR ini bisa lebih tepat sasaran dan lebih menjamin secara jangka panjang. Bisa diketahui juga potensi masing-masing daerah terkait lahan-lahan yang bisa digunakan maupun program bantuan lainnya,” pungkasnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan