Mengubah Ruangan Sempit Terkesan Luas, Ini Caranya

Sabtu, 27 Mei 2017 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Hunian mungil dan kompak menjadi tren yang meluas di perkotaan. Rancangan hunian urban seperti itu tidak dapat dihindari  untuk menyiasati agar harganya lebih terjangkau. Dengan sedikit kreasi, pemanfaatan ruang secara optimal, dan pemilihan elemen interior yang tepat hunian kompak seperti ini tetap bisa nyaman. Dikutip dari portal desain online beberapa, berikut beberapa tips yang bisa dipraktikkan.

Pemilihan Sofa

Tips Memilih dan Merawat Sofa

Sofa menjadi titik sentral dari sebuah ruang tapi bila pemilihannya salah akan membuat ruangan terkesan semakin sempit. Bukan berarti ruang sempit tidak boleh menggunakan sofa, sebaiknya gunakan sofa berbentuk L dibandingkan sofa 2 atau 3 seater yang kesannya bulky sehingga membuat ruang berkesan lebih sempit.

Lampu Gantung

Lampu gantung bukan hanya berfungsi sebagai alat penerangan tapi juga bisa menjadi ornamen ruangan yang memberikan kesan menarik. Chandelier sudah biasa dipakai untuk dekorasi penting sebuah ruangan, hanya saja ruang dengan ukuran terbatas cukup menggunakan lampu gantung dengan sentuhan modern yang sangat cocok untuk dekorasi ruangan terbatas.

Meja Berkaki Rendah

meja minimalis murah

Penggunaan meja berkaki rendah bisa menjadi pilihan tepat untuk ruang keluarga berukuran kecil. Meja berkaki rendah tidak akan membuat kesan sesak pada ruangan selain fungsinya yang bisa lebih beragam untuk beraneka kebutuhan.

Posisi TV

meja tipi minimalis murah

Saat ini kebanyakan TV sudah menggunakan teknologi LCD maupun LED yang bentuknya tipis dengan tampilan menarik. Artinya, TV seperti ini bisa menjadi ornamen ruang yang baik juga selama peletakannya sesuai. Letakan TV menempel pada dinding atau menyatu dengan rak buku sehingga akan memberikan kesan ruangan yang sederhana namun tetap elegan.

Cermin

Kaca maupun cermin sudah biasa menjadi material sakti untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Kaca bening akan membuat pandangan menerus sementara cermin memberikan efek reflektif yang membuat kesan menjadi double. Cermin sangat cocok digunakan untuk ilusi mata sehingga ruang yang sempit berkesan lebih luas.

Furnitur Serbaguna

Ruang terbatas membutuhkan kreasi desain ekstra cermat. Salah satunya adalah menggunakan furnitur custom yang difungsikan serbaguna. Memang membutuhkan biaya ekstra untuk membuatnya, tapi hasilnya akan sepadan dengan tampilan desain maupun fungsi ruang yang kita inginkan.

Karpet Pola Sederhana

Jangan juga enggan menggunakan karpet yang berkesan “berat” dan memberikan efek penuh pada ruangan. Dengan pola-pola karpet yang simpel dan sederhana, penggunaan karpet bisa memberikan elemen unik pada sebuah ruang.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan