Ini 13 Langkah Atasi Kemacetan Jakarta

Rabu, 14 Jun 2017 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Pemprov DKI  Jakarta menetapkan beberapa langkah untuk mengatasi kemacetan di Ibukota. Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati, seluruh program yang dihadirkan harus sinkron untuk bidang transportasi dan mengatasi kemacetan lalu lintas.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Ada 13 langkah untuk pengendalian macet Jakarta dan semuanya harus sinkron. Seluruh kebijakannya akan saling terkait dan bukannya berdiri sendiri. Beberapa programnya yaitu sistem electronic road pricing (ERP), pengembangan bus rapid transit (BRT), pengembangan angkutan masal berbasis rel mass rapid transit (MRT), light rail transit (LRT), integrasi antar moda, serta park and ride,” ujarnya di Balaikota, Selasa (13/6).

Beberapa langkah mengatasi kemacetan Jakarta yang lainnya terkait dengan program pemerintah pusat yaitu 6 ruas jalan tol baru dan pengembangan Jakarta outer ring road (JORR). Seluruh program ini, lanjut Tuty, telah mengakomodir program gubernur dan wakil gubernur terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

“Program mengatasi kemacetan Jakarta ini didukung 100 persen dengan APBD. Seluruh program sudah bisa dilaksanakan saat pasangan gubernur baru nanti ditetapkan dan langsung bisa dikerjakan dengan anggaran tahun 2018,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Saefullah menambahkan, rencana ini telah sejalan dengan visi-misi gubernur baru terpilih. Nantinya setiap jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bisa langsung menyelaraskan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) untuk tahun 2018-2022.

“Penyusunan program kerja sudah dikerjakan sejak sekarang, jadi nanti setelah pasangan gubernur baru ditetapkan, RPJMD ini sudah ada, setidaknya semakin cepat semakin baik. Saat ini visi-misinya sudah kelihatan, sehingga program kerja untuk mengatasi kemacetan ini juga bisa langsung dikerjakan,” imbuhnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan