Revolusi Cat, Dari Anti Nyamuk Hingga Penghantar Listrik

Sabtu, 17 Jun 2017 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Perkembangan teknologi memengaruhi hampir seluruh kehidupan masyarakat dengan berbagai kecanggihan dan kemudahan yang ditawarkannya. Ini juga berlaku untuk industri cat yang fungsinya memberikan perlindungan dan pewarnaan pada sebuah bangunan sehingga lebih awet dan indah.

Nippon Paint Melakukan Revitalisasi Kawasan Kumuh

iluatrasi

Beberapa perkembangan yang terjadi pada industri cat beberapa tahun belakangan ini misalnya cat dengan durabilitas yang tinggi terhadap cuaca ekstrim hingga bertahun-tahun tidak pudar. Cat yang bisa menurunkan suhu ruangan sehingga menghemat penggunaan energi AC. Berikutnya lagi cat yang mudah dibersihkan dari noda dengan cukup mengelap menggunakan kain.

Beberapa inovasi seputar teknologi painting ini disebut CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia Jon Tan, akan terus berkembang di luar peluncuran tipe-tipe maupun tekstur warna yang juga akan semakin variatif. “Kita memiliki cat anti nyamuk yang kalau nyamuk atau serangga datang bukan sekadar pergi tapi bisa knock down dan tetap aman untuk manusia,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, pekan ini.

Cat anti serangga ini dibuat dengan formula khusus yang bukan racun tapi dengan zat tertentu yang akan mengacaukan sistem syaraf serangga sehingga dia akan jatuh. Zat ini tetap aman untuk manusia karena itu harga cat ini masih relatif mahal mencapai Rp1 juta untuk volume 5 liter sehingga belum dipasarkan di Indonesia. Cat ini popular di Singapura karena masyarakatnya yang sangat concern dengan kesehatan.

Fitur-fitur sepeti ini akan terus berkembang di industri cat dan Nippon Paint disebut cukup terdepan dengan penerapan tekonologi baru pada cat. Inovasi lainnya yang bisa diterapkan yaitu cat hydro dramatic yang akan terlihat warnanya ketika terkena air. Fitur cat seperti ini bisa digunakan untuk penanda jalan raya, ketika hujan turun warnanya akan terlihat untuk menginformasikan kepada pengguna kendaraan kondisi jalan yang licin.

“Nantinya kita juga akan meluncurkan conductive paint yang bisa menghantarkan listrik. Jadi tidak perlu ada saklar lagi, cukup dengan sentuhan tangan sudah bisa menyalakan lampu maupun menghidupkan perangkat elekronik. Jadi cat bukan sekadar warna tapi bisa dibuat canggih seperti ini,” pungkasnya. Yudis

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan