Tanah di Balaraja Sudah Rp2,5 Juta Per Meter, Mau Bangun Rumah Murah Gimana?

Rabu, 9 Agu 2017 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Kalau sewindu lalu kita masih bisa menemui pengembangan rumah murah di koridor jalan utama Balaraja, Kabupaten Tangerang (banten) seperti Jalan Raya Serang, sekarang tidak bisa lagi. Di kecamatan yang berjarak sekitar 30 km dari Jakarta dengan akases utama jalan tol Jakarta-Tangerang yang banyak dihuni kawasan industri berisi para pekerja lokal dan asing (ekspatriat) itu, harga tanahnya sudah tinggi.

Annie Land Balaraja

Annie Land Balaraja

“Harga tanah di koridor utama Balaraja rata-rata sudah Rp2,5 juta per meter persegi (m2). Jadi pasti sudah tidak bisa dibangun rumah murah, karena untuk bisa membangun rumah murah setahu saya harga tanahnya paling tinggi Rp200 ribu. Di sini yang jauh dari jalan besar saja harga tanahnya sudah Rp500 ribu,” kata Yoyon Suryana, Camat Balaraja, kepada housing-estate.com di sela-sela acara penyerahan bantuan bedah rumah dari PT Intiland Development Tbk di Desa Saga, Balaraja, akhir pekan lalu.

Sudah tingginya harga lahan di wilayah utama Balaraja itu membuat banyak pekerja pabrik memilih menyewa rumah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang sendiri seperti tak berdaya menyediakan hunian bagi warganya, kendati tahu masih sangat banyak warganya yang rumahnya tidak layak huni atau belum punya rumah.

Ia menyebutkan, di beberapa desa harga tanahnya masih murah seperti Sukamulya dan Cisoka. Tapi, lokasinya sudah cukup jauh dari kawasan industri dengan infrastruktur jalan masih buruk. Balaraja mencakup delapan desa dan satu kelurahan dengan populasi sekitar 30 ribu KK.

“Rumah susun (rusun) bisa jadi solusi untuk menyiasati harga tanah yang mahal. Tapi, warga di sini sepertinya belum bisa menerima rusun. Jadi, sekarang andalan Pemkab adalah Program Gerakan Bersama Rakyat Berantas Rumah Kumuh dan Miskin atau Gebrak Pak Kumis (untuk meningkatkan kualitas rumah yang belum layak huni). Tapi, untuk hunin milik, sementara ini belum ada gebrakan,” ujarnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan