Wanita-Wanita Emas Sudigdo

Jumat, 25 Agu 2017 | Penulis: Diyah

Housing-Estate.com, Jakarta - Pelukis beraliran realis modern Sudigdo (51) menggelar pameran tunggal ke-15 di Rumah Jawa Gallery, Jakarta, 21-31 Agustus. Pameran bertajuk “Golden Women” itu dibuka Selasa (21/8) dihadiri Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Trevor Matheson, pengusaha Martha Tilaar, Raisis Arifin Panigoro, dan Kartini Basuki.

Ibu Raisis Arifin Panigoro

Ibu Raisis Arifin Panigoro

Seperti karya-karya sebelumnya, adik pelukis Suprobo ini tetap berkutat pada sosok perempuan sebagai inspirasi lukisannya. Kali ini Digdo, begitu ia biasa disapa, ingin membongkar aturan tentang feminitas dan maskulinitas. Sebagai seniman ia menyadari mencari inspirasi dari wanita, tapi tidak ingin terpaku menggambarkan wanita sebagai objek pasif apalagi merendahkan dengan mempertontonkan imej tubuh yang seksual dalam lukisannya.

Melalui karyanya, Digdo ingin melukiskan wanita yang aktif dalam sturuktur patriarki. Lukisannya bisa mewakili women consciousness dengan penghormatan pada perspektif, karir, perasaan, mimpi dan keinginan wanita.

Sudigdo mengangkat tiga perempuan yang dianggap sukses sebagai pengusaha dan berkarir di ruang publik dalam karya lukisnya. Terpilih figur-figur kuat sekaligus elok. Yakni, Raisis Panigoro, Kartini Basuki dan Martha Tilaar yang dipulaskannya dalam kanvas. Tak lupa ia hadirkan sosok ibundanya dalam lukisan berjudul A Golden Smiling.

“Paling lama melukis ibu Raisis karena banyak detail pada pakaiannya yang harus dikerjakan. Lukisan lain ada yang hanya tiga hari selesai,” kata Sudigdo. Bambang Asrini Widjanarko, penulis dan pengamat seni rupa, dalam katalog pameran menuturkan,  selama lebih dari 20 tahun Digdo mengeksplorasi subject matter lukisan-lukisan perempuan sebelum akhirnya tertambat pada satu hal: perempuan Jawa yang kuat lahir dan batin.

Ia juga menghubungkan ketiga perempuan yang dipilih Digdo dengan tesis sejarawan Peter Carey mengenai peran perempuan di Keraton Jawa Tengah Selatan sebagai figur “prajurit estri”, yang mengingatkan kita pada keterlibatan perempuan istana sebagai pengusaha dalam berbagai urusan bisnis. “Lukisan-lukisan Sudigdo adalah upaya pelukisnya bernarasi tentang suatu hal,” ujar Bambang. Berikut beberapa karya lukis Sudigdo yang dipamerkan.

Ibu Martha Tilaar

Ibu Martha Tilaar

Ibu Kartini Basuki

Ibu Kartini Basuki

Bullying

Bullying

Pelukis Sudigdo dan lukisan berjudul A Golden Smiling

Pelukis Sudigdo dan lukisan berjudul A Golden Smiling

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan