Agar Pagar Rumah Segar Kembali

Rabu, 6 Sep 2017 | Penulis: Yoenazh Khairul Azhar

Housing-Estate.com, Jakarta - Keindahan tampilan rumah tidak hanya didapat dengan memperbaharui cat dinding tapi juga pagarnya. Tampilan pagar yang diremajakan tidak hanya membuat rumah tampak lebih segar, tapi juga menjaga kondisi pagar dari karat dan pelapukan. Kansai Paint yang memberikan garansi 12 tahun untuk produk cat premiumnya memberikan beberapa tips penyegaran cat pagar itu. Kelihatannya mudah, tapi menurut Ayu Kadek Santi, Technical Service & Development Manager PT Kansai Prakarsa Coatings (Kansai Paint), melalui rilis kepada housing-estate.com di Jakarta beberapa waktu lalu, beberapa tips berikut perlu disimak agar hasilnya maksimal.

Ilustrasi : Pagar rumah mininamlis | F

Ilustrasi : Pagar rumah mininamlis | Foto : rumahminimalismedia.wordpress.com

Bersihkan Bidang Besi

Pada pagar metal, pastikan bidang yang akan dicat ulang dibersihkan dulu dari kotoran seperti debu, air dan minyak. Setelah itu haluskan pagar dengan amplas nomer 180 untuk menghilangkan karatnya. Bila karat sudah cukup tebal, pakai sikat kawat untuk membersihkan. Setelah karat hilang, bersihkan lagi pagar dengan air hangat dan sabun, lalu bilas dengan air bersih. Kemudian cepat keringkan agar besinya tidak berkarat lagi, baru dicat.

Penggunaan Cat Besi

Pagar besi bisa dicat ulang dengan cat besi seperti Ftalit dari Kansai Paint. Terlebih dulu saputkan cat dasar pada permukaan besi untuk mencegah karat. Setelah kering sempurna, baru aplikasikan cat akhir yang sudah dicampur dengan thinner. Setelah cat pertama kering sempurna hingga 8 jam, baru aplikasikan cat lapis kedua hingga warnanya merata.

Amplas Bidang Kayu

Pada pagar kayu, amplas dulu permukaannya hingga licin dan rata dengan amplas nomer 180 dan haluskan dengan amplas nomer 240. Kemudian bersihkan permukaan kayu dari debu, air, minyak dan sisa amplas. Kadar air pada kayu sebaiknya < 15 persen. Ukur dengan alat promiter.

Wood Putty pada Bidang Kayu

Aplikasikan wood putty pada bidang kayu dengan spatula dan biarkan kering. Wood putty akan menutup pori-pori kayu sehingga hasil pengecatan nanti lebih solid. Setelah kering, amplas lagi dengan amplas nomer 240 sampai halus dan rata, lalu bersihkan debunya dengan lap bersih.

Pengecatan Mengikuti Serat Kayu

Aplikasikan dulu cat dasar yang diencerkan dengan thinner pada pagar kayu dengan kuas besar. Setelah cat dasar kering sempurna, baru aplikasikan cat akhir kayu sesuai dengan warna yang diinginkan. Encerkan cat dengan thinner, lakukan pengecatan mengikuti serat kayu.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan