LRT City Hanya Sediakan 25 Persen Apartemen Murah

Selasa, 12 Sep 2017 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - PT Adhi Karya (Persero) Tbk adalah perusahaan negara (BUMN) yang mendapatkan penugasan membangun proyek transportasi kereta ringan atau light rail transit (LRT). Untuk memaksimalkan pendapatan dari proyek di megapolitan Jabodetabek, Adhi Karya juga mengembangkan proyek properti di semua stasiun dan deponya yang disebut LRT City. Konsepnya mengintegrasikan hunian (vertikal) berikut fasilitasnya dengan transportasi massal atau transit oriented development (TOD).

LRT City Jaticempaka

LRT City Jaticempaka

Tahap pertama dibangun LRT City di rute Cawang-Bekasi sepanjang 18,5 km selain Cawang–Cibubur dan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas. Proyek di jalur Cawang-Bekasi dan Cawang-Cibubur antara lain LRT City Jaticempaka-Gateway Park, LRT City Ciracas-Urban Signature, dan LRT City Bekasi-Eastern Green. Total akan ada 6.000-an unit apartemen di tiga proyek terakhir ini dengan 25 persennya merupakan apartemen untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Menurut Direktur Operasi Adhi Karya Budi Saddewa Soediro, angka 25 persen itu merupakan jumlah apartemen murah yang paling memungkinkan disediakan di proyek LRT City. “Memang terbatas karena harga tanah di sekitar stasiun LRT sudah tinggi dan belum tentu semuanya milik kami. Ada yang kami bekerja sama (dengan pihak ketiga melakukan) pembebasan tanahnya,” katanya di acara pemilihan unit LRT City Bekasi-Eastern Green di Jakarta akhir pekan lalu.

Ia menjelaskan, angka 25 persen untuk segmen MBR itu merupakan hasil perhitungan yang cermat sesuai dengan biaya pengembangan proyek secara keseluruhan. “Sebagai perusahaan kami kan tetap harus dapat margin keuntungan,” ujarnya. Unit apartemen untuk rakyat kecil itu juga akan dibangun di tower tersendiri, tidak bercampur dengan unit yang dipasarkan secara komersial. ”Proyek yang menyediakan unit untuk MBR yang lebih banyak dikembangkan anak perusahaan kami Adhi Persada Properti (APP),” ungkap Budi.

 

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan