Lusa KRL Jabodetabek Beroperasi Sampai Cikarang

Jumat, 6 Okt 2017 | Penulis: Diyah

Housing-Estate.com, Jakarta - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), anak usaha PT Kereta Api Indonesia (KAI),  akan mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) hingga stasiun Cikarang di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mulai hari Minggu, 8 Oktober 2017, menyusul selesainya pembangunan jalur kereta dwiganda (double-double track) Manggarai (Jakarta)–Cikarang (Bekasi).

Kereta commuter line Jakarta-Bekasi (Foto: HousingEstate/Susilo Waluyo)

Kereta commuter line Jakarta-Bekasi (Foto: HousingEstate/Susilo Waluyo)

Tersedia 32 perjalanan atau 16 perjalanan pergi-pulang (PP) yang melayani lintas Cikarang hingga stasiun Jakarta Kota. Pengoperasian KRL ini merupakan upaya KCI  memperluas jangkauan layanan KRL dengan target melayani 1,2 juta penumpang tahun 2019.

“Setelah persiapan yang dilakukan bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan sejumlah uji coba, kini kami siap sepenuhnya melayani pengguna KRL sampai stasiun Cikarang,” kata MN Fadhila, Direktur Utama PT KCI, melalui keterangan tertulis yang dikirimkan Eva Chairunisa, VP Komunikasi PT KCI, kepada housing-estate.com di Jakarta, Jum’at (6/10).

Dua stasiun baru Bekasi Timur dan Cibitung telah dipersiapkan untuk mendukung operasional KRL Cikarang. Sementara stasiun Cikarang masih dalam proses revitalisasi disusul segera dengan stasiun Tambun. PT KCI juga telah menyiapkan infrastruktur e-ticketing dan kelengkapan pelayanan di empat stasiun itu. Berbagai pemeriksaan dan uji coba kesiapan sarana dan prasarana perkeretaapian itu juga telah dilakukan PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta bersama DJKA.

Sebelumnya saat jalur kereta masih ganda dan dipakai bersama oleh KRL dan kereta jarak jauh, jangkauan pelayanan KRL Jabodetabek Jakarta–Bekasi baru mencapai stasiun Bekasi (kota). Dari stasiun Bekasi (kota) ke Cikarang, Karawang, Cikampek hingga Purwakarta misalnya, penumpang harus melanjutkan perjalanan dengan kereta domestik. Sekarang dengan diperluasnya jangkauan KRL Jabodetabek hingga stasiun Cikarang, kereta domestik itu hanya boleh sampai Cikarang. Dari Cikarang ke dalam kota Bekasi dan Jakarta diteruskan dengan KRL.

Dari 32 perjalanan KRL setiap hari yang akan melayani Stasiun Bekasi Timur hingga Cikarang, KRL pertama dari Cikarang menuju Jakarta Kota mulai beroperasi pukul 04.45 WIB. Sedangkan kereta terakhir dari Cikarang dijadwalkan berangkat pukul 19.32 dan berangkat pukul 20.52 untuk tujuan Bekasi. Sementara pemberangkatan dari Bekasi sendiri tersedia hingga pukul 22.15 untuk tujuan Jakarta Kota.

Untuk arah sebaliknya, dari Stasiun Jakarta Kota, kereta pertama berangkat menuju Cikarang pukul 05.41 WIB. Sementara kereta terakhir dari Jakarta Kota tujuan Cikarang tersedia pukul 17.46 . Sedangkan pemberangkatan dari Bekasi tersedia hingga pukul 18.43 untuk tujuan Cikarang.

Tarif KRL Cikarang–Jakarta Kota sejauh 43,97 km itu ditetapkan Rp5.000/penumpang/perjalanan. Waktu tempuh Cikarang–Jakarta Kota diperkirakan sekitar 90 menit, sementara waktu tempuh Cikarang–Bekasi yang berjarak 16 km sekitar 20 menit.

PT KCI telah menyiapkan petugas untuk melaksanakan berbagai fungsi layanan di stasiun, antara lain passenger service, announcer, petugas loket, pengamanan, hingga kebersihan. Untuk melayani transaksi tiket elektronik, PT KCI memasang sembilan gate elektronik dan enam mesin point of sales (POS) di Stasiun Cikarang, delapan gate elektronik dan empat mesin POS di Stasiun Cibitung, empat gate elektronik dan lima mesin POS di Stasiun Tambun, serta sembilan gate elektronik dan lima mesin POS di Stasiun Bekasi Timur.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan