Sheik Asal Oman Beli Apartemen di London Seharga Rp443 Miliar

Jumat, 6 Okt 2017 | Penulis: Nta

Housing-Estate.com, Jakarta - Sebuah kantor broker properti di London (Inggris) melaporkan, seorang sheik asal Oman baru saja membeli sejumlah unit apartemen di daerah Knightsbridge, London Barat, yang dikenal sebagai kawasan permukiman elit dan pusat ritel dengan merek mendunia.

Suasana interior salah satu apartemen mewah yang dibeli seorang sheik asal Oman (sumber foto: The Times, Evening Standard & The Sun)

Suasana interior salah satu apartemen mewah yang dibeli seorang sheik asal Oman (sumber foto: The Times, Evening Standard & The Sun)

Aneka merek dan desainer ternama punya toko di sini seperti desainer sepatu Jimmy Choo dan Manolo Blahnik, serta Prada. Dua department store kenamaan juga hadir seperti Harvey Nichols dan Harrods.  Kedekatan dengan sentra ritel terkemuka itu menjadi alasan utama sheik tersebut apartemen itu.

“Banyak hal yang sebenarnya menjadi alasan bagi bagi keluarga sheik tersebut memilih apartemen di Knightsbridge. Tetapi dari semuanya, pertimbangan utama adalah karena jaraknya yang hanya 10 menit berjalan kaki dari dan ke Harrods,” kata Becky Fatemi, Managing Director Rokstone, borker properti yang mengurus pembelian apartemen keluarga sheik itu.

Menurut Fatemi, sheik yang tak ingin diungkap namanya itu rela merogoh kocek hingga 25 juta poundsterling atau lebih dari Rp443 miliar untuk mendapatkan apartemennya. Uang sebesar itu tentu tak masalah bagi sang sheik yang kata Fatemi berprofesi sebagai pedagang kaya dan tenar di Oman.

Dan, tidak hanya satu. Sang Sheik membeli tiga. Dua di antaranya berdampingan di pojok Cadogan Square. Didesain sebagai family flat, apartemen seluas 550 m2 itu berisi lima kamar dan akan jadi tempat tinggal keluarga sheik itu di London. Harganya 17 juta poundstering atau sekitar Rp300 miliaran. Satu lagi  di salah satu sudut Hyde Park seharga 8 juta poundstering atau sekitar Rp141 miliaran, berisi empat kamar seluas 223 m2, apartemen ini akan dijadikan semacam  rumah tamu untuk kerabat dan stafnya.

Kawasan elit Knightsbridge yang dihuni banyak warga superkaya dunia termasuk kawasan termahal di dunia. Tiga tahun lalu sebuah unit seluas 427 m2 terjual seharga 15,95 juta poundsterling atau Rp281  miliaran. Tahun 2007 sebuah transaksi apartemen memecahkan rekor dan disebut-sebut sebagai rumah termahal sejagat.

Seorang pangeran Qatar membeli sebuah unit apartemen di One Hyde Park seharga 100 juta poundsterling atau setara Rp1,77 triliun. Tak hanya ruang hidup yang harganya selangit, pun ruang parkir mobil. Tarifnya 300.000 poundsterling atau sekitar Rp5,3 miliar. Dengan uang sebanyak itu Anda berhak parkir di jalan (on street) di depan gedung apartemen dengan hak sewa selama 94 tahun.

Meski harga rumah di London dinyatakan sudah keterlaluan mahalnya, sampai-sampai banyak Londoners tak sanggup membelinya, Fatemi menilai properti di London tetap menarik sebagai investasi. “Transaksi apartemen-apartemen itu menunjukkan bahwa London masih menjadi pilihan bagi warga superkaya,” ujarnya.

Sumber: The Times, Evening Standard & The Sun

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan