Tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu (Becakayu) Juga Segera Beroperasi

Jumat, 6 Okt 2017 | Penulis: Yoenazh

Housing-Estate.com, Jakarta - Selain kereta komuter Jakarta–Cikarang yang beroperasi mulai Minggu, 8 Oktober 2017, jalan tol Bekasi hingga Cawang–Kampung Melayu di Jakarta atau Becakayu sepanjang 21 km juga akan segera beroperasi.

Tol Becakayu | dok. menara62.com

Tol Becakayu | dok. menara62.com

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna kepada wartawan akhir September lalu di Kementerian PUPR (Jakarta), pembangunan jalan tol itu dibagi dalam seksi 1 Kampung Melayu (Jl Casablanca)–Cipinang Melayu (Jl DI Panjaitan)-Jakasampurna (Bekasi) sepanjang 11 km, dan seksi 2 Jakasampurna–Duren Jaya (Jl Ganda Agung) sepanjang 10 km.

Yang pertama dikerjakan seksi 1 yang dibagi dalam tiga fase: 1A Casablanca-Cipinang Melayu, 1B Cipinang Melayu-Pangkalan Jati, dan 1C Pangkalan Jati-Jakasampurna. Pembangunan seksi 1B dan 1C sepanjang Jalan Kali Malang akan rampung Oktober ini, yang akan dilanjutkan dengan uji kelaikan oleh Kementerian Perhubungan yang diperkirakan memakan waktu 1–2 bulan. Itu berarti akhir November atau Desember jalan tol layang yang dibangun sejajar tol Jakarta-Bekasi-Cikampek itu sudah bisa dibuka setelah Menteri PUPR menetapkan tarifnya.

“Saya kemarin ke lapangan melihat (konstruksi) 1B dan C, pengaspalan harusnya sudah selesai 10 Oktober,” kata Herry waktu itu. Sedangkan seksi 1A yang berada di jalur padat penduduk termasuk Pasar Gombrong lebih lama pembangunannya karena pembebasan lahannya alot. Baru Maret 2018 konstruksinya diperkirakan bisa diselesaikan. Sementara seksi 2 Jakasampurna–Duren Jaya (Jl Ganda Agung) ditargetkan rampung dibangun Juni 2018.

Tol Becakayu, bersama jalan tol layang Jakarta-Bekasi-Cikampek yang saat ini mulai dibangun dan kereta komuter Cikarang-Jakarta, diharapkan memperlancar akses dari Jakarta ke Bekasi dan sebaliknya yang saat ini makin macet baik melalui jalan biasa maupun jalan tol. “Tol Becakayu akan mengurangi volume kendaraan di tol Jakarta–Cikampek (eksisting yang saat ini sangat macet),” ujarnya. Tol Becakayu dibangun dua jalur dengan tiap jalur berisi tiga lajur dengan kapasitas bisa menampung 60 ribu kendaraan per jalur per hari.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan