Bandara Dubai Bangun “Aquarium Pemeriksaan” dengan Ikan Virtual

Jumat, 20 Okt 2017 | Penulis: Nta

Housing-Estate.com, Jakarta - Sebuah akuarium berbentuk lorong akan dibangun di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab. Bukan aquarium biasa, karena ikan dan pemandangan laut di dalamnya hanyalah gambaran yang dibuat mirip serupa aslinya atau virtual, dilengkapi 80 kamera pengintai pembaca wajah. Lorong aquarium ini sejatinya adalah pengganti loket pemeriksaan keamanan di bandara yang harus dilalui siapa saja yang baru mendarat di sini.

Ilustrasi lorong aquarium di Bandara Internasional Dubai (Foto: The National)

Ilustrasi lorong aquarium di Bandara Internasional Dubai (Foto: The National)

Dibuatnya lorong aquarium pembaca wajah ini diyakini bisa menghilangkan rasa tidak nyaman orang-orang saat antre melalui loket pemeriksaan keamanan. Maklum, petugas di loket akan mengamati dengan seksama wajah siapa saja yang baru tiba di bandara. Salah bersikap, bukan tidak mungkin dicurigai petugas.

“Ikan-ikan menjadi semacam atraksi baru yang menghibur dan menjadi pemandangan yang menarik bagi pelancong. Tapi, di saat bersamaan kamera tersembunyi akan membaca wajah dan retina mereka,” kata Mayjen Obaid Al Hameeri, Deputi Direktur Jenderal Urusan Luar Negeri dan Residen Dubai.

Menurutnya, bukan tidak mungkin visual lorong itu akan berganti, misalnya pemandangan gurun atau alam lainnya. Yang jelas harus menarik agar pelancong mau memandang tanpa merasa diamati. Saat melalui lorong ini pelancong berjalan seperti biasa saja. Jika pelancong tersebut dinyatakan “aman”, akan ada pesan suara di ujung lorong yang berbunyi: have a nice trip. Sebaliknya jika kamera membaca hal yang mencurigakan, petugas akan menggiring pelancong ke ruang khusus untuk diinterogasi lebih lanjut.

Sebelum melewati lorong, setiap pelancong harus mendaftar terlebih dahulu, pun dengan cara yang tak kalah mudah. Cukup datang ke kios khusus yang tersebar di dalam terminal dan menghadapkan wajahnya ke sebuah kamera yang ada di situ. Rencananya kamera-kamera pendaftar juga akan dipasang di panel promosi hotel atau mall di Dubai. Jadi pelancong tak harus datang secara khusus, tapi dengan melihat panel tersebut, secara otomatis kamera tersembunyi akan merekam wajah si pelancong.

Untuk perdana lorong virtual ini akan dipasang di Terminal 3, rumah maskapai kebanggaan UEA, Emirates, tahun depan. Secara bertahap lorong-lorong serupa akan dibangun di seluruh terminal di bandara tersibuk di dunia tersebut sampai tahun 2020. Dipilihnya Terminal 3 karena infrastrukturnya paling siap, termasuk petugas bandara dan maskapainya.

 

Pembuatan lorong virtual itu juga sebagai antisipasi bandara menghadapi jumlah penumpang yang terus bertambah. Menurut Al Hameeri, saat ini Bandara Internasional Dubai sudah dikunjungi 80 juta penumpang dan akan menjadi lebih dari 124 juta tahun 2020. “Karena itu kami harus segera menyiapkan diri,” tandasnya.

Dengan lorong virtual itu, panjang antrean penumpang saat melalui bagian pemeriksaan akan berkurang banyak. Meski mengurangi waktu pemeriksaan, Al Hameeri memastikan semua prosedur keamanan tingkat tinggi akan tetap dijalankan karena sudah menjadi prioritas.

“Dengan waktu antre yang lebih pendek, akan banyak pihak yang diuntungkan. Pelancong akan punya waktu lebih banyak untuk berbelanja di toko bebas bea misalnya, dan terhindar dari ketinggalan pesawat karena harus melalui antrean yang panjang,” paparnya.

 

Sumber: The National

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan