Infrastruktur Akan Geser Lokasi Rumah Murah Makin Jauh

Sabtu, 11 Nov 2017 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Proyek infrastruktur yang dikembangkan sangat masif di koridor timur Jakarta (Bekasi, Cikarang, Karawang) mengangkat potensi bisnis properti termasuk rumah murah bersubsidi. PT Sri Pertiwi Sejati (SPS Group), pengembang yang banyak membangun rumah murah, ikut merasakan dampak positif dari pembangunan proyek infrastruktur itu.

Grand Cikarang City

Grand Cikarang City

“Dulu kami tidak pernah jualan sampai ribuan unit, tapi sejak tahun 2015 atau sejak wacana pengembangan proyek infrastruktur itu kami bisa berjualan hingga 2.500 unit per bulan dan itu terus berlanjut hingga sekarang,” ujar Tuti Mugiastuti, General Manager SPS Group kepada housing-estate.com dalam acara Indonesia Property & Bank Award 2017 di Jakarta, Kamis (9/11).

Sepanjang tahun ini  SPS Group sudah menjual sebanyak 15 ribu rumah dari empat proyek, yaitu Grand Cikarang City, Villa Kencana Cikarang, Grandvista Cikarang, dan Grand Karawang Residence. Dari jumlah itu sebanyak 12 ribu unit sudah diserahterimakan kepada konsumen. “Kami yakin imbas dari pengembangan proyek infrastruktur ini masih akan terus berlanjut. Ini karena kebutuhan rumah di kawasan ini sangat besar, kendati bisnis properti lesu kami malah booming,” tambahnya.

Managing Director SPS Group Asmat Amin menambahkan, ke depan akan semakin sulit untuk mendapatkan lahan yang bisa dibangun untuk rumah murah. Konsekuensinya, lokasi rumah murah bakal terus bergeser makin jauh ke Karawang, Purwakarta, hingga Subang. Kalau lokasinya tidak mau lebih jauh pemerintah harus ikut memberi solusi mengenai penyediaan lahan.

“Mestinya pemerintah bisa menetapkan lahan-lahan yang tidak produktif yang dikuasai negara (untuk perumahan). Itu dilelang saja ke pengembang untuk dibangun rumah murah sehingga pasokannya bisa terjamin. Untungnya kami masih punya landbank cukup di Cikarang untuk rumah murah,” imbuhnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan