SMF Terus Dorong BPD Salurkan KPR

Selasa, 21 Nov 2017 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) kembali melakukan penandatanganan kerjasama penyaluran KPR dengan tiga bank pembangunan daerah (BPD) di Makassar, Selasa (21/11/2017). Yaitu, BPD Bali, Bank Sumut, dan Bank Sumsel Babel. Untuk itu SMF menyalurkan pinjaman Rp156 miliar untuk Bank Sumut, Rp150 miliar untuk Bank Sumsel Babel, dan Rp32 miliar untuk BPD Bali.

smf

“Ini merupakan komitmen SMF mendukung program pembangunan satu juta rumah melalui penyaluran pinjaman untuk memperluas jangkauan pembiayaan perumahan rakyat di seluruh Indonesia,” kata Ananta Wiyogo, Direktur Utama SMF, melalui siaran pers yang diterima housing-estate.com dari Makassar, Selasa (21/11).

Menurutnya, BPD bisa berperan meningkatkan akses masyarakat terhadap rumah layak huni. Untuk itu diperlukan fasilitas KPR yang terjangkau dan mudah diakses oleh konsumen di daerah, antara lain melalui BPD. Tingginya kebutuhan perumahan juga bisa menjadi pasar yang sangat potensial bagi BPD sehingga bisa menjadi lembaga keuangan yang professional dan besar.

Karena itu Ananta menyebut, perlu terus dilakukan pengoptimalan potensi pembiayaan BPD di wilayah kerjanya masing-masing. SMF sendiri terus memberikan berbagai dukungan melalui program peningkatan kapasitas penyaluran KPR untuk mendorong BPD masuk ke bisnis KPR atau meningkatkan penyaluran KPR-nya yang masih rendah. “Bukan hanya membuat BPD bisa makin besar dan profesional, penyaluran KPR itu juga membantu meningkatkan perekonomian daerah karena sektor perumahan memiliki kaitan dengan ratusan bisnis lainnya,” tuturnya.

Hingga akhir Oktober 2017, secara kumulatif SMF telah mengalirkan dana dari pasar modal ke lembaga penyalur KPR sebesar Rp32,67 triliun, yang terdiri dari dana hasil sekuritisasi sebesar Rp8,15 triliun dan penyaluran pinjaman Rp24,51 triliun.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan