Rudy Margono: Gubernur Anies itu “New Hope”

Senin, 27 Nov 2017 | Penulis: Yoenazh Khairul Azhar

Housing-Estate.com, Jakarta - Pasangan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang baru Anies Baswedan dan Sandiaga Uno lebih akomodatif terhadap aspirasi pengembang, sehingga menjadi harapan baru bisnis properti di Jakarta. “Gubernur Anies itu new hope (bagi pengembang). Kita lagi minta waktu ketemu dia (secara resmi), walaupun secara informal sudah ketemu (dan bicara),” kata Rudy Margono, Presiden Direktur Gapura Prima Group (GPG), usai seremoni topping off (tutup atap) apartemen Bellevue Place (4.200 m2/1 menara/21 lantai/315 unit) di Jl MT Haryono, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Rudy Margono | Sumber : Beritagar

Rudy Margono | Sumber : Beritagar

Proyek besutan GPG melalui PT Graha Azura Group (Gapura Prima Group/GPG) sejak akhir 2015 itu, mengembangkan 220 unit apartemen strata dan 95 unit apartemen servis dilegkapi area komersial dan ruang pertemuan di lantai bawah serta roof top resto di puncak atap. Tipe unitnya studio 30,99 m2, satu kamar (KT) 43,49 m2, 1BR + ruang belajar 62,13 m2, 2KT 51,43 m2, 3KT 87,5 m2, dan 3KT 85,75 (semuanya luas semigross). Harganya saat ini mulai dari Rp1,1 miliaran/unit belum termasuk PPN. Unti terpesan diklaim sudah 60 persen.

Sebelumnya Rudy kerap mengeluhkan alotnya perizinan proyek real estate di Jakarta pada era Gubernur Basuki T Purnama (Ahok) yang sekarang dipenjara karena tuduhan menista agama. “Bisa sampai 3.000 hari (baru perizinan tuntas dan proyek bisa dibangun). Padahal, kalau sudah punya tanah, proyek harus segera dibangun. Kalau tidak, investasinya makin besar,” jelas mantan Ketua Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Realestat (DPD REI) Jakarta itu.

Sebaliknya Anies-Sandi berjanji lebih mempermudah perizinan karena mereka menargetkan pertumbuhan investasi hingga Rp1.000 triliun untuk mendongkrak ekonomi Jakarta. Presiden Direktur Graha Azura Arvin F Iskandar menambahkan, sebelum terpilih, Anies-Sandi sudah bertemu dan duduk bareng dengan para pengembang anggota REI Jakarta dan mendengarkan keluhan mereka. “Sandiaga (yang pengusaha) itu business oriented. Semoga perizinan (proyek real estate di Jakarta ke depan menjadi) lebih mudah,” ujarnya.

Selain itu pasangan gubernur baru tersebut juga punya program “DP Nol Rupiah” untuk masyarakat berpenghasilan menengah (MBM) yang harus disukseskan. “Pemprov tidak mungkin bangun sendiri. Perlu keterlibatan pengembang swasta. (Keterlibatan) kita (pengembang yang tergabung dalam) REI diterima dengan tangan terbuka Jadi, kita sangat hand to hand dengan gubernur (dan wakil gubernur Jakarta yang) baru,” urai pria yang juga Sekretaris DPD REI DKI Jakarta itu.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan