Tak Perlu Punya Tabungan, Asal Bergaji Rp7 Jutaan Bisa Beli Rumah Ini

Kamis, 7 Des 2017 | Penulis: Joy

Housing-Estate.com, Jakarta - Sekarang membeli rumah tidak perlu menunggu punya tabungan dulu untuk membayar uang muka atau down payment (DP). Banyak developer memberikan beragam kemudahan cara pembayaran. Contohnya, Pratama Residence di Jl Pedurenan III, Batutapak, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor (Jawa Barat). Di sini rumah tipe 38 di atas kaveling 72 m2 dijual Rp326,8 juta sudah termasuk PPN, BPHTB, dan biaya AJB.

Pratama Residence

Pratama Residence

DP-nya 10 persen dapat dicicil 12 kali atau Rp2,723 juta per bulan. Perumahan yang dikembangkan PT Dwi Agung Sentosa Pratama ini bekerjasama dengan Bank BTN. Saat ini bank pelat merah tersebut menawarkan bunga KPR mulai dari 8,75 persen per tahun. Jadi dengan DP 10 persen, cicilan rumah itu dengan KPR selama 25 tahun sekitar Rp2,41 juta per bulan.

“Sambil mencicil depe, kami sarankan konsumen menabung minimal Rp1 juta setiap bulan untuk biaya akad kredit pada bulan ke-12 yang besarnya sekitar Rp15 juta,” kata Rizki Rompu, Manager Proyek Pratama Residence.

Menurutnya, dengan angsuran Rp2,41 juta per bulan, pasangan bergaji Rp7 jutaan per bulan bisa membeli rumah itu. Jadi, suami-istri dengan gaji paling rendah di Jakarta pun mampu menjangkaunya, karena dengan upah minimum provinsi (UMP) 2018 yang mencapai Rp3,648 juta per bulan, gaji suami istri itu bila digabung mencapai Rp7,296 juta per bulan.

Lokasi perumahan mudah dijangkau dari kawasan perkantoran di Jakarta. Yang berkantor di koridor bisnis TB Simatupang-RA Kartini, Jakarta Selatan, dapat menjangkaunya dengan sepeda motor dalam satu jam melalui Jl Raya Ciputat-Parung.

Sedangkan bagi yang bekerja di pusat bisnis Jl Sudirman-Tamrin, Jakarta Pusat, paling cepat naik kereta komuter dari stasiun Rawabuntu (BSD City Serpong) menuju stasiun Tanah Abang (Jakarta) sebelum diteruskan ke Sudirman-Thamrin. “Dari rumah, konsumen bisa naik sepeda motor ke stasiun Rawabuntu. Hanya sekitar 20 menit,” ujarnya.

Biaya menitipkan motor di stasiun hanya Rp5 ribu per hari. Sedangkan tarif kereta komuter dari stasiun Rawa Buntu ke Tanah Abang Rp3 ribu sekali jalan.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan