Budiarsa Sastrawinata: Yang Bikin Properti Lesu itu Investor

Selasa, 19 Des 2017 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Ada anomali di bisnis properti. Di saat pertumbuhan ekonomi cukup baik mencapai 5,06 persen, inflasi terjaga, suku bunga terus menurun, pembangunan infrastruktur berlangsung massif, kemudahan berbisnis membaik, dan banyak hal positif lainnya, tapi bisnis properti justru stagnan.

Presiden Direktur PT Ciputra Residence Tbk Budiarsa Sastrawinata

Presiden Direktur PT Ciputra Residence Tbk Budiarsa Sastrawinata

Menurut Presiden Direktur PT Ciputra Residence Tbk Budiarsa Sastrawinata, situasi saat ini sebenarnya akan membuat bisnis properti ke depan menjadi semakin baik. Karena itu Ciputra Group terus meluncurkan produk baru.

“Tinggal bagaimana kita melihat sentimen pasar, situasi saat ini. Yang bikin lesu itu para investor yang selama ini menjadi konsumen utama properti. Sekarang dengan situasi ini para end user (yang membeli properti untuk dipakai sendiri) yang jadi penopang pasar. Makanya kita harus memberikan produk yang tepat dan sesuai kebutuhan pasar saat ini,” katanya kepada housing-estate.com di CitraRaya (2.760 ha), Cikupa, Tangerang (Banten), pekan lalu usai peluncuran resmi apartemen bertingkat rendah EcoHome di kawasan Eco Polis (60 ha) yang dilepas seharga mulai dari Rp200 jutaan/unit.

Ciputra Residence mengembangkannya bersama Mitsui Fudosan Residence dari Jepang. Bisnis properti yang akan semakin baik, jelas Budiarsa, ditunjukan oleh berbagai regulasi yang diterbitkan pemerintah dan mulai diimplementasikan di daerah.

Belum proyek infrastruktur yang sangat masif dibangun pemerintah. Regulasi dan pengembangan infrastruktur itu merupakan dua hal utama yang akan mendukung perkembangan bisnis properti menjadi lebih baik.

“Politik yang membuat lesu karena kalangan investor yang notabene nggak butuh properti, menahan diri. Tapi, yang butuh rumah masih jauh lebih banyak. Kalangan ini tetap membeli di situasi apapun. Jadi, tinggal bagaimana kita menyasar segmen yang tepat, karena situasinya sebenarnya sudah sangat kondusif,” jelasnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan