Tempat Berlibur Wajib Kunjung 2018

Sabtu, 6 Jan 2018 | Penulis: Nta

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Libur baru saja usai, tapi tak ada salahnya rencana liburan tahun ini sudah mulai dirancang. Bloomberg memberikan 22 tempat tujuan wisata di seluruh dunia yang menurutnya bakal hot tahun ini alias masuk kategori “wajib kunjung”. Mulai dari kota metropolitan, kota kecil namun berkarakter, gunung, hutan sampai padang pasir. Empat di antaranya berlokasi di Asia, dan salah satunya di Indonesia. Tidak saja sekilas cerita tentang tempat tersebut, Bloomberg pun memberi panduan tentang waktu kunjungan yang tepat terkait dengan harga penginapan dan kondisi cuaca di tempat tujuan tersebut.

 

Kalimantan, Indonesia

Orangutan Kalimantan. (Foto: Tim Laman/Getty Images)

Orangutan Kalimantan. (Foto: Tim Laman/Getty Images)

Masih dikenal dengan hutan tropisnya yang lebat walaupun banyak yang sudah hancur karena sudah beralih jadi hutan produksi, hutan Kalimantan masih direkomendasikan untuk dikunjungi. Pasalnya hutan ini masih jadi rumah bagi 120.000 orangutan, hewan primata asli hutan ini yang termasuk hewan dilindungi. Pelancong wisata alam bebas bisa berkunjung ke Camp Leakey di Taman Nasional Tanjung Putting, Kalimantan Timur, yang didirikan Jande Goodall dan Dian Fossey, atau ke Sepilok Orangutan Sanctuary, pusat rehabilitasi orangutan di wilayah Malaysia. Tengah tahun adalah saat yang tepat berlibur ke sini karena cuaca cukup bersahabat. Hindari bulan Desember dan Januari karena musim penghujan.

 

Kamboja

Ta Prohm Temple, bagian dari Angkor Wat temple complex di Siem Reap, Kamboja. (Foto: Khim Hoe Ng/Stockimo/Alamy)

Ta Prohm Temple, bagian dari Angkor Wat temple complex di Siem Reap, Kamboja. (Foto: Khim Hoe Ng/Stockimo/Alamy)

Tempat paling favorit di Kamboja adalah candi Angkor Wat. Itu dulu. Kini keindahan alam negeri ini juga makin disukai. Apalagi jaringan infrastruktur makin memadai tahun ini. Termasuk akomodasi untuk kalangan jetset seperti salah satu yang terbaru adalah Shina Mani Wild di dekat Taman Nasional Southern Cardamom. Berupa tempat berlibur ala safari dengan tempat menginap berupa tenda dalam jumlah terbatas, hanya 16 unit, di tengah suasana alam bebas. Bukan tidak mungkin di sini Anda bisa bertemu dengan gajah, beruang dan harimau.

Tempat lain yang juga menarik adalah Six Senses di Pulau Krabey, 15 menit perjalanan naik kapal cepat dari kota ke arah pantai selatan. Resor ini merangkum 40 vila dengan kolam pribadi dan outdoor showers. Tidak jauh dari sini juga akan dibuka Alila Resort di Koh Russey yang mengklaim punya pantai privat terpanjang di seantero negeri. Kalau mau di tengah kota, pilihannya bisa di Rosewood Hotel Phnom Penh yang berada di 14 lantai teratas Vattanac Capital Tower. Gedung berbentuk kepala naga yang menghadap Timur ini memiliki pemandangan kota dan Sungai Mekong.

Bulan Juni dan Agustus atau November bisa jadi pilihan waktu kunjungan, karena tarif hotel cukup murah, tak terlalu banyak turis dan cuaca juga mendukung. Jangan datang di bulan April karena cuaca sedang sangat panas atau di bulan September yang berhujan.

 

Singapura

Menu makanan di tempat jajan di lantai 25 Andaz Singapura.(Sumber: Andaz Hyatt)

Menu makanan di tempat jajan di lantai 25 Andaz Singapura.(Sumber: Andaz Hyatt)

Bagi pelancong yang suka kehidupan kota, negara kota ini seperti tak habis untuk dieksplorasi. Banyak tempat baru untuk dikunjungi. Mulai dari galeri, toko, restoran hingga tempat hangout. Untuk yang terakhir ini, tahun 2017 enam bar di Singapura masuk dalam World’s 50 Best Bars, dan 47 restorannya meraih Michelin Star (anugerah khusus untuk restoran berkelas). Kalangan milenial pasti menyukai, karena tahun lalu di negeri ini tertanam investasi di bidang teknologi senilai 2,4 milar dolar AS. Tidak heran kalau Bloomberg menyebut kota ini masuk kategori red-hot.

Tahun ini proses renovasi hotel ikoniknya Raffles, rampung. Dirancang desainer Maven Alexandra Champalimaud, interior barunya disebut akan lebih benderang namun tetap mengedepankan karakter aslinya yang bergaya kolonial. Restorannya akan dipimpin tiga koki ternama. Salah satunya Alain Ducasse, koki gaek asal Prancis pemilik 24 restoran, di mana tiga di antaranya menyandang Michelin star.

Di daerah yang sama Andaz Hotel (342 kamar) yang dilengkapi lima restoran akan dibuka Oktober mendatang. Salah satu tempat makan unggulannya nanti adalah tempat jajan yang berlokasi di lantai 25. Yang juga akan resmi beroperasi pada akhir tahun adalah Terminal 4 Bandara Changi. Terminal anyar ini dilengkapi dengan teknologi modern, yakni pemindai wajah dan biometric. Jika ingin melihat budaya peranakan, coba datang di bulan Februari karena di sini ada perayaan Imlek yang khas. Awal tahun hingga April jadi waktu yang tepat berkunjung ke sini.

 

Korea Selatan

Dongdaemum Design Plaza, Seoul. (Foto: Bloomberg)

Dongdaemum Design Plaza, Seoul. (Foto: Bloomberg)

Globalisasi budaya Negeri Ginseng mulai dari makanan, musik sampai arsitekturnya, masih belum surut tahun ini. Sebab itu negeri ini tetap hype untuk dikunjungi. Apalagi Olimpiade Musim Dingin 2018 akan diadakan di Pyeongchang dan seluruh negeri ikut sibuk menyambutnya.

Tempat baru yang layak kunjung adalah Lotte World Tower, gedung kelima tertinggi di dunia, yang beroperasi tahun ini. Juga Seoullo7017, taman pedestrian gantung yang  mengingatkan akan suasana High Line New York. Tempat lawas macam Gangnam juga masih wajib dikunjungi, karena di sini ada beberapa tempat yang masih populer seperti wine bar Louis Cing, restoran Toc Toc dan Hyun Seok Choi.

Pulau Jeju yang sudah mendunia kini juga punya tempat wisata baru, yakni Shinhwa World, entertainment megaplex (243 ha). Taman bermain ini dilengkapi roller coasters yang didesain oleh studio file Lionsgate, Four Seasons Resort dan ruang konser berteknologi masa kini.

Saat tepat berkunjung ke sini adalah bulan Oktober dan November, saat cuaca secara umum cukup hangat, meski malamnya dingin. Di bulan-bulan ini juga ada beberapa festival, yakni Namdo Food Festival dan Gwangju Kimchi Culture Festival.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan