Di BSD City Ada Galeri Iptek dan Inovasi

Senin, 15 Jan 2018 | Penulis: Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Grup usaha pengembang properti Sinar Mas Land (SML), Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Pemerintah Kabupaten Tangerang, dan Univeritas Paramadina, menandatangani kesepakatan bersama untuk pengembangan Galeri Iptek dan Inovasi (GIPTI) di area kota BSD City (6.000 ha), Serpong, Tangerang, Banten, yang dikembangkan SML. GIPTI akan menempati lahan seluas 15 ha yang sebagiannya berada di area Puspiptek Serpong.

galeri-iptek-dan-inovasi-gipti

GIPTI akan menjadi show case kemajuan inovasi dan teknologi terapan terkini, tempat pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang iptek dan juga tempat pemasaran bagi produk-produk industri kecil menengah (IKM) dan usaha rintisan (start up) berbasis teknologi.

Pengembangan GIPTI sendiri sesuai dengan program pengembangan national science & technology park (NSTP) Puspiptek sebagai salah satu implementasi program pemerintah pusat. Masing-masing institusi yang bekerja sama akan memiliki peran untuk saling bersinergi dan berkolaborasi dalam pembangunan GIPTI.

Penandatanganan kesepakatan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, Bupati Tangerang Zaki Iskandar, Kepala Puspiptek Sri Setiawati, Rektor Universitas Paramadina Syukur Lawigena, dan Managing Director President Office SML Dhony Rahajoe.

Menteri Nasir menyebut kerja sama ini merupakan kolaborasi yang unik dari empat institusi lintas sektor yang mewakili unsur academician, business, government (ABG). “Jadi kolaborasi ini lengkap, ada pemerintah, universitas, dan dunia usaha. Semoga GIPTI bisa berkontribusi bagi pembangunan masyarakat khususnya yang berbasis iptek untuk meningkatkan daya saing daerah dan peningkatan produk-produk inovatif,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima housing-estate.com, Senin (15/1/2018).

Dhony menyebut kolaborasi ini dapat memperkaya kawasan BSD City yang juga tengah bertransformasi menjadi smart integrated digital city. “Kami sangat antusias dengan kerja sama ini karena memperkuat konsep digital hub yang tengah kami kembangkan dan ini bisa menciptakan banyak peluang di lintas sektor,” katanya.

Konsep ini juga akan memperkuat gagasan Triple Helix yang dikembangkan Kabupaten Tangerang. Triple Helix merupakan sinergi kekuatan antara akademisi, bisnis, dan pemerintah untuk meningkatkan ekonomi dan inovasi baru berbasis keunggulan lokal yang diharapkan bisa mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Sebelumnya kami juga sudah bekerja sama dengan SML untuk pembangunan terminal intermoda di dalam kawasan BSD City yang terintegrasi dengan stasiun kereta Cisauk. Konsep seperti ini bisa membantu mengurangi kemacetan lalu lintas dan mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum,” kata Bupati Zaki.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan