Rumah 25 m2 pun Tetap Bisa Menyenangkan

Senin, 5 Feb 2018 | Penulis: Diyah

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Harga rumah yang makin melangit dan kehidupan di kota yang kian sibuk yang membuat orang lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah, membuat permintaan atau kebutuhan luasan rumah juga mengecil. Tapi, tak usah khawatir. Rumah mungil pun tetap bisa nyaman didiami asal ditata sedemikian rupa.

Berkaitan dengan itu, inspirasi penataan ruang yang ditampilkan IKEA, perusahaan ritel furnitur dan perlengkapan rumah tangga asal Swedia, di tokonya di Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan (Banten), ini mungkin bisa menjadi inspirasi anda.

Fokus penataan menghadirkan kehangatan keluarga di rumah melalui kegiatan makan bersama di ruang makan, serta penataan dapur dan ruang keluarga sebagai area favorit untuk melakukan kegiatan bersama. Salah satu kunci penataan, penggunaan furnitur berdesain sederhana yang multifungsi dan memiliki banyak manfaat tersembunyi. Ayo tiru!

Ranjang Tingkat dan Ruang Duduk

Penempatan ranjang tingkat (bunk bed) adalah salah satu solusi menghemat tempat. Bagian bawah dimanfaatkan untuk ruang duduk keluarga sambil menonton televisi. Letakkan sebuah sofa besar dua dudukan yang empuk dan sebuah meja dengan karakter yang sama sehingga bisa difungsikan sebagai tempat duduk tambahan. Siapkan juga meja samping tinggi untuk menaruh makanan dan minuman di sisi sofa. Karpet digelar di bawah sofa untuk menambah kesan hangat di ruang keluarga.

Terorganisir di Dapur

Penataan dapur yang mendapat porsi cukup besar dirancang dalam tiga zona:  tempat penyimpanan (kulkas dan lemari), tempat mencuci, dan tempat memasak (kompor, ovenmicrowave). Perencanaan yang baik pada tiga zona itu menentukan segitiga kerja yang ergonomis sesuai dengan alur kerja di dapur, sehingga semua berada dalam jangkauan gerak tubuh. Tambahan penyimpanan pada dapur bisa menggunakan rel dinding untuk menggantung peralatan dapur dan makan. Solusi penempatan bumbu juga perlu dipikirkan untuk memudahkan kegiatan memasak. Barang-barang yang terorganisir di dapur akan mengurangi stres saat kita membutuhkannya. Kombinasi kabinet dapur bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Area penyimpanan kabinet atas berpintu kaca dirancang sekaligus sebagai tempat memajang koleksi barang pecah belah.

Ruang Makan

Meja makan dipinggirkan letaknya mengimpit jendela dengan pelengkap dua kursi kecil. Desain daun meja bisa dilipat pada sisi kanan dan kirinya jika tidak diperlukan. Tirai dihias dengan dua lapisan untuk memberi nuansa yang romantik. Sebagai penerangan dan aksen ruang, ditempatkan lampu gantung mengarah ke pusat meja.

Rak Dinding

Maksimalkan area dinding atas untuk area penyimpanan terbuka dengan ambalan dan kotak-kotak penyimpanan tertutup. Pelengkapnya tangga lipat dari kayu yang ringkas yang digantung di dinding untuk mengambil barang-barang di atas. Rak buku bertutup kaca dengan dimensi 49 x 37 x 197 cm bisa mengisi sudut ruang yang sempit.

Area Simpan di Kamar Mandi

Upayakan semua juga terorganisir di kamar mandi sehingga ruang penyimpanan terjaga rapi. Laci-laci bisa diadakan di bawah wastafel, juga rak bertingkat terbuka di sisi toilet, dan kabinet gantung yang difungsikan juga sebagai kaca cermin. Pilihan warna putih mengangkat kesan ruang yang luas dan bersih. Sementara lemari pakaian diletakkan dekat kamar mandi di sebelah ruang keluarga. Lemari dirancang setinggi dinding untuk memaksimalkan fungsi penyimpanannya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan