Ini Penataan Rumah 55 m2 yang Bisa Anda Tiru

Sabtu, 10 Feb 2018 |

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Contoh penataan hunian seluas 55 meter persegi (m2) yang ditawarkan gerai IKEA Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan-Banten, ini bercerita tentang sebuah keluarga dengan satu anak kecil dan satu balita.

desain interior apartemen

Hunian dirancang berisi dua kamar tidur yang mengapit satu kamar mandi di bagian tengah. Satu kamar ditujukan untuk anak lelaki usia sekolah, satu kamar utama untuk kedua orang tua dilengkapi sebuah boks tempat tidur si bungsu yang masih bayi.

Masing-masing penghuni memiliki privasi, namun dapat terawasi dari berbagai sudut rumah karena ruangnya diciptakan terbuka. Karena orang tua suka mengundang tamu berkunjung, ruang makan di rumah didukung sebuah meja makan yang dapat diperpanjang.

Pemanfaatan ruang makin dimaksimalkan dengan pembuatan meja bar yang menjadi pemisah dapur dengan ruang makan. Meja bar yang tinggi sekaligus bisa digunakan untuk meja kerja.

Menurut April Ramadhan, desainer interior Design Co-Worker IKEA Indonesia, hunian juga dirancang memberikan solusi ruang penyimpanan (storage) yang praktis dan efisien.  Solusi memberikan penekananan pada penggunaan ruang yang maksimal dengan produk yang mendukung dan terorganisir, sehingga penghuni nyaman beraktivitas.

Penyimpanan diatur sesuai kebutuhan sehari-hari, dipisahkan dari area simpan barang yang jarang terpakai. Terlihat dari kotak penyimpanan yang ditaruh di dinding bagian atas ruang termasuk di kamar tidur untuk menyimpan barang-barang jarang terpakai.

Rak sepatu disimpan di balik area dapur, tempat menggantung pakaian bekas pakai diletakkan di balik pintu yang lebih mudah terjangkau. Desain penataan ruang ini bisa menjadi inspirasi warga urban yang pilihan rumahnya kian lama makin mengecil.

Dapur

Sistem dapur Metod dari IKEA menawarkan kebebasan dalam merancang dapur sesuai ruang dan anggaran. Ada inovasi rak pojok carousel yang bisa berputar untuk menjangkau barang tanpa harus mengeluarkan seluruh isi lemari. Segitiga kerja dapur yang ergonomis dengan rangkaian perabot yang cerdas dan personal.

Meja bar menyatu dengan kabinet dapur dimanfaatkan untuk meja kerja. Ketinggiannya  yang jauh dari jangkauan anak-anak memberi privasi.

 

Sisi dapur diisi rak sepatu dalam lemari tertutup setinggi kabinet dapur.

Sisi dapur diisi rak sepatu dalam lemari tertutup setinggi kabinet dapur.

Pintu samping dapur dimanfaatkan untuk penyimpanan pakaian bekas pakai dalam rak gantung terbuat dari logam yang ditempelkan pada daun pintu.

Pintu samping dapur dimanfaatkan untuk penyimpanan pakaian bekas pakai dalam rak gantung terbuat dari logam yang ditempelkan pada daun pintu.

Sudut Laundry

Kamar mandi dilengkapi sudut kecil untuk area cuci dan menjemur. Perabot berupa rak dinding seri Algot bisa dirancang sesuai kebutuhan, terdiri dari rak menaruh keranjang dan kisi-kisi untuk menjemur pakaian.

Kamar Tidur Utama  Kamar tidur utama diberi aksen dinding kayu cokelat untuk memberi kesan hangat. Tata letak tempat tidur utama berdampingan dengan boks bayi yang mengisi sudut ruang. Area ranjang terbuka ke kamar mandi dan dapat menembus ke area kamar tidur anak untuk memudahkan pengawasan.

Kamar Tidur Utama
Kamar tidur utama diberi aksen dinding kayu cokelat untuk memberi kesan hangat. Tata letak tempat tidur utama berdampingan dengan boks bayi yang mengisi sudut ruang. Area ranjang terbuka ke kamar mandi dan dapat menembus ke area kamar tidur anak untuk memudahkan pengawasan.

Kamar Anak Laki-Laki  Kamar anak dilengkapi tempat tidur, lemari pakaian, meja belajar, rak penyimpanan mainan yang rendah, rak buku, rak penyimpanan atas dan tak lupa ambalan untuk memajang karya anak.

Kamar Anak Laki-Laki
Kamar anak dilengkapi tempat tidur, lemari pakaian, meja belajar, rak penyimpanan mainan yang rendah, rak buku, rak penyimpanan atas dan tak lupa ambalan untuk memajang karya anak.

Area Makan  Meja makan persegi empat yang bisa diperpanjang dilengkapi dua kursi untuk orang dewasa dan sebuah kursi anak berkaki tinggi.

Area Makan
Meja makan persegi empat yang bisa diperpanjang dilengkapi dua kursi untuk orang dewasa dan sebuah kursi anak berkaki tinggi.

 

Ruang Keluarga  Ruang keluarga yang berfungsi ganda sebagai tempat menonton TV dan perpustakaan, diisi sofa dua dudukan, sebuah arm chair, dan dua sofa anak yang lucu. Koleksi buku disimpan di lemari kaca tinggi dan ramping di samping kabinet TV.

Ruang Keluarga
Ruang keluarga yang berfungsi ganda sebagai tempat menonton TV dan perpustakaan, diisi sofa dua dudukan, sebuah arm chair, dan dua sofa anak yang lucu. Koleksi buku disimpan di lemari kaca tinggi dan ramping di samping kabinet TV.

Kabinet-kabinet penyimpanan modular yang bisa diatur komposisinya sesuai kebutuhan. Terlihat produk sepenuhnya digantung ke dinding menuju kamar tidur sehingga area lantai bawah kosong untuk memudahkan perawatan.

Kabinet-kabinet penyimpanan modular yang bisa diatur komposisinya sesuai kebutuhan. Terlihat produk sepenuhnya digantung ke dinding menuju kamar tidur sehingga area lantai bawah kosong untuk memudahkan perawatan.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan