Kampus Undip Dikerubuti Apartemen

Minggu, 11 Feb 2018 | Penulis: Joy

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang kampusnya terletak di  Jl Soedarto, Ngesrep, Tembalang, Semarang (Jawa Tengah)  yang kini memiliki 50 ribu mahasiswa ini  menarik sejumlah developer membangun apartemen di sekelilingnya.  Tercatat ada lima apartemen yang kini sedang dipasarkan, yaitu Cordova Edupark di Jl Bukit Sari Raya, Paltrow City dan The Alton di Jl Tirto Agung, serta Tamansari Cendekia dan Abimanyu di Jl Durian Raya.

Kampus Universitas Diponegoro

Kampus Universitas Diponegoro

Apartemen-apartemen itu jaraknya hanya 0,5-2 km dari Kampus Undip, dan semuanya membidik pasar mahasiswa, dengan dominan memasarkan tipe studio ukuran 18-25 m2 harga Rp300 jutaan per unit. Bahkan di Tamansari Cendekia, seluruhnya tipe studio, kecuali pojok-pojoknya dijadikan tipe 2 kamar tidur.  “Kami membidik konsumen yang ingin bisnis kos-kosan, dan para orang tua yang berencana menyekolakan anaknya di Undip,” kata Reza Pahlevi, Manager Realty PT Wika Realty, developer Apartemen Tamansari Cendekia.

Reza optimis apartemennya yang merangkum 1,700 unit akan sold out pada tahun 2021, atau satu tahun setelah seluruh unit di kedua tower apartemennya dioperasikan.  Pasalnya, di Undip ada 12 ribu mahasiswa dari keluarga menengah-atas yang saat ini  memadati kos-kosan yang sewa per bulannya berkisar Rp1,5-4 juta.  “Di sini kos-kosan eksklusif yang sewanya Rp4 jutaan justru tingkat huniannya sangat tinggi, di atas 90 persen,” katanya.

Ia prediksikan setelah apartemennya beroperasi, mereka yang sebelumnya tinggal di kos-kosan eksklusif akan pindah ke Tamansari Cendekia.  Karena pihaknya menyediakan fasilitas yang jauh lebih lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa, seperti shuttle bus ke kampus, kolam renang di setiap tower, ruang sosialisasi di setiap dua lantai, gym, resto, dll.

Kepada para konsumennya Reza memberikan gambaran singkat keuntungan yang bakal didapat jika membeli apartemennya. Pada saat apartemennya beroperasi tahun 2019/2020 sewanya paling murah Rp3 juta/bulan, atau Rp36 juta per tahun. Harga apartemennya termurah sekarang Rp330 juta. Jadi dalam sembilan tahun sudah balik modal. “Belum termasuk keuntungan dari kenaikan harga (gain) apartemennya,” kata Bapak dua anak ini.

Peluang investasi seperti inilah yang ditawarkan seluruh apartemen  di sekeliling kampus Undip ini. Selain PT Wika Realty, developer skala nasional yang mengembangkan apartemen di sini adalah PT PP Property mengembangkan The Alton. Selebihnya dikembangkan developer-developer setempat.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan