Tiap Tahun BCA Setor Rp2 Triliun untuk Rumah Murah ke BTN

Minggu, 11 Feb 2018 | Penulis: Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Menurut Direktur Utama Bank BCA Jahja Setiaatmadja, setiap bank memiliki kompetensinya masing-masing dengan produk unggulan disesuaikan dengan keahlian dan segmen nasabahnya. Kendati porsi untuk pembiayaan properti (KPR dan KPA) Bank BCA terus meningkat, Bank BCA tidak ikut menyalurkan kredit rumah untuk segmen menengah bawah dan bersubsidi.

Direktur Utama Bank BCA Jahja Setiaatmadja

Direktur Utama Bank BCA Jahja Setiaatmadja (Foto:halomoney.co.id)

“Kami nggak punya kemampuan menyalurkan kredit rumah murah, tapi setiap tahun kami menyalurkan dana Rp2 triliun ke Bank BTN dengan bunga murah. Dana itu untuk disalurkan kembali ke segmen rumah murah nonsubsidi melalui Bank BTN yang memang ahli di segmen itu,” katanya kepada housing-estate.com saat pembukaan BCA Expoversary 2018 di ICE BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (9/2/2018).

Bank BCA, lanjut Jahja, tidak menggarap pembiayaan mikro seperti itu juga karena tidak mau bersaing dengan institusi lain yang fokus di segmen tersebut, seperti bank perkreditan rakyat (BPR) ataupun bank pembangunan daerah (BPD). Dengan menyalurkan dana ke institusi untuk segmen middle low itu, maka semua pihak bisa sukses bersama-sama.

Cara lain BCA membiayai segmen menengah bawah itu adalah dengan bekerja sama dengan kalangan pengembang yang juga melayani pasar tersebut selain segmen menengah dan menengah atas. Kerja sama itu berupa kemitraan promo BCA dengan promo pengembang (bundling) yang memberikan kemudahan atau keringanan kepada konsumen. Promo bundling itu bisa diterapkan di semua segmen pasar pengembang tersebut temasuk yang menengah bawah.

“Jadi, seperti itu posisi kami karena kami sangat tahu tidak memiliki kemampuan  menjangkau segmen bawah. Kami memfasilitasi dengan menyalurkan pendanaan. Itu sebagai bentuk dukungan kami untuk pembiayaan segmen low end. Kami tidak perlu mengambil peran untuk sektor mikro, tapi kami tetap mendukung sehingga ada simbiosis,” jelas Jahja.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan