Tempat Usaha Juga Perlu Dibuat Menyenangkan  

Jumat, 6 Apr 2018 | Penulis: Diyah

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Salah satu hal yang dibutuhkan saat memulai usaha adalah perencanaan tempat dan perabot pengisinya. Anda yang kurang akrab dengan dunia interior dan furnitur mungkin sedikit kesulitan memilih dan memadu-padankan aneka barang di dalamnya secara tepat.

Padahal, ruang usaha juga perlu menarik dan nyaman untuk mewadahi interaksi dengan pelanggan atau klien. Kenyamanan pelanggan bisa menjadi awal kesuksesan bisnis Anda.

Gerai furnitur dan perabot rumah IKEA misalnya, punya layanan IKEA Business untuk memberi inspirasi dan servis perencanaan ruang usaha bagi usaha kecil menengah (UKM) dan start-up. Tentu saja disertai perabotan dan pernak-perniknya.

”Kami menyediakan rangkaian pilihan perabot dengan setting ruang yang inspiratif serta desain menarik, fungsional  dan terjangkau harganya untuk menunjang keberhasilan bisnis pelanggan,” kata Mery Zola, Country IKEA Business Leader, IKEA Indonesia.

Layanan IKEA Business meliputi jasa konsultasi desain, layanan pengantaran, perakitan hingga pemasangan. Biaya layanan konsultasi desain Rp50.000/m2, kunjungan pengukuran lokasi Rp300 ribu.

Sementara layanan pengantaran, perakitan, sampai pemasangan mulai dari Rp280 ribu untuk pengantaran dan mulai dari Rp50 ribu untuk perakitan dan pemasangan perabot. IKEA membagi tiga kategori utama bisnis yang ditangani, di antaranya perkantoran, ritel, serta perhotelan dan restoran. Yuk, intip lima inspirasi ruang usaha versi gerai IKEA di Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan-Banten, ini sebagai inspirasi.

Kantor

interior kantor

Luas: 28 m2

Banyak inspirasi untuk membuat kantor menjadi lebih nyaman sehingga karyawan dapat bekerja lebih produktif dan semangat. Rencanakan tempat kerja yang efisien dengan perabot yang praktis dan multifungsi. Ruang kantor seluas 28 m2 ini berbujet di bawah Rp70 juta dengan kebutuhan ruang rapat kecil dan meja kerja untuk 4-6 orang serta lemari-lemari kabinet untuk menyimpan arsip.

Ritel

bisnis usaha rite

 

Luas: 18 m2

Untuk usaha ritel inspirasi ruangnya dalam bentuk butik dengan etalase aksesoris dan pakaian. Perabotnya dari olahan logam berwarna hitam dan kaca, yang dapat digunakan untuk display produk dan tempat penyimpanan barang, didukung pencahayaan, ruang kerja dan ruang ganti. Butik juga menyediakan tempat duduk yang nyaman bagi pelanggan. Perabotan dalam butik kecil ini hanya butuh bujet di bawah Rp15 juta.

Kafe

interior kafe

Luas: 26 m2

Untuk usaha kuliner dihadirkan konsep yang lebih hangat. Inspirasi sebuah kafe sekaligus toko buku ini menawarkan suasana yang enak untuk bersantai sambil membaca buku atau ngobrol bareng teman sambil menikmati hidangan.  Terbagi atas area dapur dan tempat duduk dengan rak-rak buku. Bujet kurang dari Rp95 juta.

Hotel

hotel inspirasi

 

Luas: 16 m2

Usaha penginapan layak dicoba sebagai bisnis yang menjanjikan. Inspirasi sebuah kamar hotel dalam gaya modern, rapi dan bersih dengan dominasi warna putih. Dilengkapi perabot yang kuat dan mudah perawatannya. Pilihan matras ekstra keras (extra firm) pada ranjang ditujukan untuk memenuhi selera orang Asia yang kurang menyukai matras empuk. Kenyamanan dan suasana santai bagi tamu hotel perlu diutamakan. Seluruh perabot pengisi termasuk lampu tambahan di kamar, tidak termasuk wallpaper. Bujetnya di bawah Rp40 juta.

Taman Kanak-kanak

taman kanak kanak inspirasi

Luas: 24 m2

Perencanaan hingga perabot yang dihadirkan pada Taman Kanak-Kanak mengutamakan faktor keamanan yang tinggi (zero tolerance), keceriaan, dan kenyamanan untuk tumbuh kembang dan pendidikan anak sesuai usia.  Ruang yang dihadirkan memungkinkan anak-anak bermain, belajar, menggambar, menyanyi, menari, bersosialisasi, dan makan tanpa khawatir membahayakan mereka. Contohnya, perabot memakai sudut-sudut melengkung, lemari-lemari diikat ke dinding sehingga menghindari terguling ke depan ketika ditarik anak-anak. Bujet kurang dari Rp30 juta.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan