Setelah tol Jakarta-Cikampek, Sistem Ganji-Genap Juga Diterapkan di Tol Jagorawi dan Tangerang-Jakarta

Senin, 16 Apr 2018 | Penulis: Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan kembali memberlakukan kebijakan ganjil genap untuk beberapa ruas jalan tol di Jabodetabek. Kebijakan ganjil genap hanya memperbolehkan kendaraan yang masuk jalan hanya yang plat nomer kendaraannya sesuai dengan ketentuan pada hari itu: ganjil atau genap. Aturan ini telah diberlakukan di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur di jalur tol Jakarta-Cikampek yang menuju ke Jakarta pukul 6.00-9.00.

jalan tol Jakarta-Tangerang

jalan tol Jakarta-Tangerang (foto. beritasatu.com)

Aturan yang sama kemudian diberlakukan juga di ruas jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Jakarta-Tangerang (Janger) mulai hari ini 16 April 2018. Kebijakan ganjil genap itu diberlakukan di gerbang tol Cibubur 2 arah Jakarta dan gerbang tol Tangerang 2 dan Kunciran setiap pukul 6.00-9.00 selama Senin-Jumat kecuali hari libur nasional.

Menurut Kepala BPTJ Bambang Prihartono, paket kebijakan ganjil genap yang diterapkan di jalan tol Jagorawi dan Janger ini merupakan upaya pemerintah mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan tol khususnya di jam-jam sibuk. “Kebijakan ini diharapkan bisa menurunkan rasio kepadatan lalu lintas sehingga meningkatkan rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol,” katanya melalui siaran pers di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Kebijakan ini juga diharapkan bisa lebih mendistribusikan arus lalu lintas di jalan tol dan jalan non tol. Penerapan kebijakan ini merupakan salah satu bentuk sinergi antar lembaga karena melibatkan BPTJ, Polri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), Kementerian Perhubungan, Jasa Marga selaku pengelola jalan tol, dan Dinas Perhubungan Tangerang.

“Saat ini masih tahap uji coba hingga akhir April 2018 sebelum diterapkan secara efektif Mei 2018. Pantauan awal pemberlakukan kebijakan ini, situasi lalu lintas di gerbang tol Cibubur, Tangerang 2, dan Kunciran terpantau lebih lancar. Nantinya kebijakan ini akan disosialisasikan oleh setiap instansi yang terlibat khususnya Jasa Marga melalui saluran medianya,” jelas Bambang.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan