APP Sasar Pasar Singapura Lewat Branding di Jetstar Asia

Selasa, 24 Apr 2018 | Penulis: Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - PT Adhi Persada Properti (APP) bekerja sama dengan maskapai Jetstar Asia Airways untuk memasang logo perusahaan di badan dan interior pesawat itu. Hal itu dilakukan untuk menggaet konsumen yang lebih luas dari Asia Pasifik khususnya kalangan pebisnis dari Singapura untuk membeli berbagai produk properti yang dikembangkan APP di berbagai kota di Indonesia terutama di megapolitan Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek).

branding-app-maskapai-jetstar-asia-airways

APP, anak usaha BUMN PT Adhi Karya Tbk melakukannya, terkait survei Singapore Business Federation terhadap 1.100 perusahaan di Singapura yang menyebut lebih dari separuh perusahaan yang disurvei menempatkan Indonesia sebagai negara tujuan berbisnis.

Alasannya, antara lain pembangunan infrastruktur dan konektivitas yang terus berkembang dan menjadi perhatian pemerintah Indonesia, selain faktor demografi Indonesia.

“Makanya kami sangat serius membidik market Singapura dengan melakukan kerja sama dengan Jetstar Asia Airways untuk pemasangan branding APP di badan pesawatnya. Kerja sama sudah diteken di acara 1st Property Plane Launch di Singapura tanggal 19 April lalu,” kata Wahyuni Sutantri (Tantri), Direktur Pemasaran APP, kepada housing-estate.com, Selasa (24/4/2018).

Ia  berharap pebisnis dari Singapura yang setiap minggu datang ke Indonesia membeli produk APP ketimbang harus menyewa hotel. “Mereka bisa melihat potensi gain (kenaikan nilai) dari produk properti di sini. Rata-rata produk APP bisa memberikan gain 15-22 persen per tahun, seperti apartemen The Padmayana di Simprug (Jakarta Selatan) yang harganya Rp2,8 miliar akhir tahun lalu, sekarang sudah Rp3,2 miliar. Biaya mereka akan lebih murah ketimbang harus tinggal di hotel,” jelasnya.

Target awalnya konsumen corporate yang akan membeli dengan skala besar (bulk sales) selain aturan pembelian bagi perusahaan juga lebih mudah.

 

branding-app-maskapai-jetstar-asia-airways-chair

Pemerintah melalui PP No. 103/2015 mengenai Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia, sudah memberikan kelonggaran bagi orang asing yang ingin memiliki properti di Indonesia dengan status lahan hak pakai.

Aturan itu mensyaratkan orang asingnya berkedudukan di Indonesia dan melakukan usaha, bekerja atau berinvestasi di Indonesia. Status hak pakainya sampai dengan 80 tahun (30+20+30) dan bisa diwariskan. Minimal properti yang dibeli seharga Rp3 miliar di Jakarta dan mulai dari Rp750 juta di wilayah lain.

“Kami melakukan branding dulu karena maskapai ini memiliki jadwal penerbangan Singapura-Jakarta setiap hari. Tentunya logo APP tidak dipasang di semua pesawatnya karena biayanya cukup mahal,” ujar Tantri.

Jetstar Asia Airways adalah maskapai low cost carrier yang berpusat di Singapura yang mayoritas sahamnya dimiliki Qantas Airways (Australia). Maskapai ini memiliki jadwal penerbangan Singapura-Jakarta setiap hari dan telah menjadi pilihan pebisnis Singapura yang punya usaha di Indonesia. Ini merupakan kerja sama pertama APP dan maskapai itu dengan developer properti.

Seluruh proyek APP dimungkinkan ditawarkan kepada konsumen asing. “Selama ini belum ada contohnya ekspatriat membeli properti di sini kecuali perusahaannya. Padahal, sudah sangat dimungkinkan dengan adanya PP 103/2015 itu. Untuk konsumen lokal statusnya tetap sama strata title. Jadi, ini lebih untuk memperluas jangkauan pasar karena memang sangat potensial,” katanya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan