CIMB Niaga Tawarkan KPR Syariah dengan Margin Lebih Rendah dari Bunga KPR Konvensional

Jumat, 11 Mei 2018 | Penulis: Yoenazh Khairul Azhar

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - CIMB Niaga menawarkan kredit pemilikan rumah (KPR) syariah (iB) dengan tenor (jangka waktu) lebih panjang dan margin lebih rendah daripada bunga KPR konvensional.

Sumber : Majalaha Housing Estate Edisi Juni 2016 | Foto : Susilo

Sumber : Majalaha Housing Estate Edisi Juni 2016 | Foto : Susilo

Heintje Mogi, Mortgage Product & Business Development Head CIMB Niaga, kepada housing-estate.com di Jakarta awal pekan ini menyatakan, untuk akad murabahah tenor KPR iB CIMB Niaga bisa sampai 15 tahun dibanding di bank syariah lain yang umumnya hanya 8–10 tahun.

Marginnya saat ini bervariasi antara 10,5–11,75 persen per tahun fixed (tetap) selama periode kredit. “Perhitungan margin itu sudah setara dengan bunga KPR konvensional. Jadi, tidak perlu dikonversi lagi,” katanya. Produk dinamai KPR syariah single rate atau KPR iB Fixed CIMB Niaga.

Misalnya, untuk pembelian rumah baru (primary) dan seken dan take over (KPR pengalihan termasuk top up atau penambahan nilai kreditnya), marginnya hanya 10,5 persen per tahun fixed selama 10 tahun atau 11,75 persen per tahun fixed 11 – 15 tahun.

Margin serupa berlaku untuk pembelian rumah seken atau secondary.

Sedangkan untuk kredit multiguna beragun properti (refinancing), top up dan renovasi, marginnya 11,5 persen per tahun fixed 10 tahun.

Heintje menjelaskan, bila dikonversi ke bunga KPR konvensional flat, margin KPR iB CIMB Niaga itu setara dengan bunga 6,19–6,87 persen per tahun untuk tenor kredit 10 tahun, dan 7,54 persen per tahun untuk tenor 11–15 tahun tergantung jenis kredit.

“Jadi, margin KPR syariah CIMB Niaga lebih rendah daripada bunga KPR konvensional,” katanya.

Bunga promo KPR konvensional memang rendah selama sekian tahun pertama (saat ini di bawah 8-9 persen per tahun). Tapi, setelah masa bunga promo itu berakhir, berlaku bunga pasar efektif floating (mengambang) yang saat ini di kebanyakan bank masih di atas 12 persen per tahun. Dengan demikian bila dirata-rata bunga KPR konvensional tetap masih di atas 11 persen per tahun tergantung tenor kredit.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan